Skripsi
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Perpustakaan Badan Narkotika Nasional
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di perpustakaan Badan Narkotika Nasional. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan sampel penelitian ini adalah pengunjung perpustakaan Badan Narkotika Nasional bulan Maret sebanyak 24 responden. Variabel yang diujikan yaitu kualitas pelayan dan kepuasan pengunjung perpustakaan. Variabel kualitas pelayanan terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Variabel kepuasan pengunjung terdiri dari sub variabel kinerja pelayanan, respon terhadap keinginan pengunjung perpustakaan, kompetensi petugas, pengaksesan informasi, kualitas koleksi, ketersediaan alat temu kembali dan waktu pelayanan. Kepuasan pengunjung perpustakaan behubungan secara linier terhadap kualitas pelayanan perpustakaan dan model regresi linier memenuhi kriteria linieritas, yang mengikuti persamaan seperti di bawah ini: Kepuasan Pengunjung =10,919 + 0,593*Layanan Perpustakaan. Variabel kualitas pelayanan perpustakaan berupa tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy memiliki nilai koefisiensi korelasi sebesar 0.851. Nilai ini dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ada di kategori kuat. Untuk itu penulis menyarankan 1. Peningkatan kualitas layanan ditingkatkan melalui diklat pelayanan dan public speaking agar komunikasi dengan pengguna perpustakaan lebih komunikatif dan pelayanan menjadi maksimal. Perlunya pembuatan Perka BNN untuk menyerahkan bahan pustaka yang dibuat masing-masing satker agar koleksi perpustakaan berkembang sesuai perkembangan jaman. 2. Sebagai sarana peningkatan kepuasan pengunjung peningkatan kemampuan IT bagi pengelola perpustakaan. Peningkatan kemampuan ini untuk mengantisipasi agar perpustakaan tidak terlalu bergantung pada pihak ketiga, sehingga pelayanan koleksi digital dapat maksimal dan peminjaman dapat dilakukan tanpa dating ke perpustakaan. Kata kunci : pelayanan, kepuasan, perpustakaan
Tidak tersedia versi lain