Skripsi
Penerapan bauran Promosi Tabunganku Dalam Meningkatkan Jumlah Dana Nasabah Pada Bank DKI Cabang Pembantu Dispenda Daan Mogot Jakarta Barat
Pada saat ini persaingan perbankan semakin ketat, hal ini terbukti dengan banyaknya lembaga keuangan berupa bank dan bukan bank yang banyak bermunculan. Oleh karena itu untuk memperkuat posisinya dalam persaingan, bank harus berlomba-lomba melakukan inovasi agar dapat menarik perhatian calon nasabahnya.
TabunganKu adalah tabungan untuk perorangan warga negara indonesia dengan persyaratan mudah dan ringan guna menumbuhkan budaya menabung serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bila melihat trend meningkatnya jumlah masyarakat yang menabung dewasa ini, sangat disayangkan bahwa hingga saat ini masyarakat kalangan menengah dan kalangan ke bawah masih kurang mendapatkan informasi terhadap produk ini.
Berdasarkan dengan pertimbangan tersebut maka penyusun mengambil penelitian tentang Penerapan Bauran Promosi Tabungaku dalam Meningkatkan Jumlah Dana Nasabah Pada Bank DKI Capem Dispenda Daan Mogot.
Adapun fokus permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan bauran promosi TabunganKu dalam meningkatkan jumlah dana nasabah pada Bank DKI Cabang Pembantu Dispenda Daan Mogot.
Adapun metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alasan pemilihan metode ini dilatarbelakangi oleh keinginan penyusun untuk mengetahui fakta-fakta, gejala-gejala atau fenomena-fenomena tertentu secara deskriptif seperti apa adanya terhadap penerapan bauran promosi TabunganKu dalam peningkatan jumlah dana nasabah di Bank DKI Cabang Pembantu Dispenda Daan Mogot.
Berdasarkan dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan bauran promosi TabunganKu dalam meningkatkan jumlah dana nasabah di Bank DKI Cabang Pembantu Dispenda Daan Mogot belum berjalan dengan optimal, untuk itu penulis menyarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Untuk aspek periklanan di Bank DKI Capem Dispenda Daan Mogot, sebaiknya pelaksanaan periklanan untuk mengembangkan suatu produk di mata masyarakat seharusnya tidak setengah-setengah. Sehingga akan menimbulkan rasa keingintahuan mereka terhadap produk yang kemudian secara tidak langsung akan meningkatkan jumlah dana nasabah pada kantor-kantor cabang Bank DKI.
2. Untuk aspek promosi penjualan, sebaiknya dalam menggunakan alat promosi penjualan Bank DKI melakukan kerjasama tender kepada suatu perusahaan.
3. Untuk aspek penjualan personal, dalam pelaksanaan promosi penjualan personal, sebaiknya pimpinan Bank DKI Cabang Pembantu Dispenda Daan Mogot melakukan pengawasan dan evaluasi agar para frontliner dapat melakukan penjualan personal sesuai dengan yang ditentukan oleh perusahaan. Pimpinan juga seharusnya ikut terlibat dalam terlaksananya penjualan personal.
4. Untuk aspek pemasaran langsung, saran yang dapat disampaikan oleh penyusun adalah alangkah baiknya perusahaan dapat mengikuti kebutuhan zaman, yaitu dengan meningkatkan sistem perbankan dengan sistem transaksi online.
Tidak tersedia versi lain