Skripsi
Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kinerja pelayanan di instalasi rehabilitasi medik RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad Tahun 2009
Salah satu faktor penentu keberhasilan rumah sakit adalah kinerja pelayanan. Setiap organisasi atau instansi dalam melaksanakan program yang diarahkan selalu berdaya guna untuk mencapai tujuan suatu rumah sakit. Salah satu caranya adalah meningkatkan kinerja karyawan dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat). Persoalannya selama ini, di Instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Direktorat Kesehatan Angkatan Darat (IRM RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad) strategi peningkatan kinerja pelayanan belum secara optimal diarahkan melalui Diklat. Sehingga, kinerja pelayanan masing-masing individu karyawan Instalasi Rehabilitasi Medik (IRM) belum dapat dikatakan seragam akibat tingkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang kurang memadai.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana penentuan kebutuhan Diklat di IRM; (2) Bagaimana evaluasi yang dilakukan dalam melakukan Diklat. Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Diklat di IRM; (2) Bagaimana evaluasi yang dilakukan dalam melakukan Diklat di IRM. Manfaat dari penelitian ini adalah; (1) Manfaat secara akademis dari penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan meningkatkan pemahaman tentang ada atau tidaknya keselarasan antara teori kinerja pelayanan dan teori Diklat dalam rangka mewujudkan tercapainya peningkatan kinerja pelayanan melalui Diklat; (2) Manfaat secara praktis dari hasil penelitian ini adalah didapatnya pandangan dan saran atau masukan kepada Instalasi atau struktur terkait untuk meningkatkan kinerja para karyawan demi terciptanya peningkatan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien.
Penelitian dilakukan penulis di IRM RSPAD Gatot Soebroto. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif yaitu menggambarkan keadaan atau fenomena mengenai PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN DI INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSPAD GATOT SOEBROTO DITKESAD TAHUN 2009. Sedangkan metode yang digunakan melalui metode wawancara dan telaah dokumen. Sumber data yang diperoleh dari bagian Diklat IRM RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad yaitu kepala Seksi (Kasi) Diklat dan para kepala ruangan (Kaur) bagian Okupasi Terapi (OT), Fisioterapi (FT), Terapi Wicara (TW).
Setelah penulis melakukan penelitian, maka kesimpulan yang didapat adalah pelaksanaan Diklat di IRM kurang maksimal dilakukan untuk meningkatkan kinerja pelayanan. Dari sub aspek pembuatan rencana tahunan, IRM telah melakukan pembuatan rencana tahunan yang akan mengikuti diklat, yang dibuat oleh masing kepala ruangan. Sub aspek peserta yang mengikuti diklat IRM secara garis besarnya mempunyai jadwal peserta yang akan mengikuti Diklat. Sub aspek kompetensi yang diharapkan IRM menginginkan pegawainya agar meningkatkan pengetahuan dan keahliannya. Dan dari sub aspek anggaran diklat IRM mendukung penuh untuk biaya mengikuti diklat namun untuk biaya transportasi dan lain-lain IRM tidak mendukung sepenuhnya. Dari aspek Evaluasi, evaluasi dilakukan hanya sebatas evaluasi Posttest yang nantinya hasil laporan Diklat di paparkan pada saat jam komandan berlangsung yang di hadiri oleh seluruh personil IRM RSPAD Gatot Soebroto.
Tidak tersedia versi lain