Tesis
Pengaruh Kompetensi Pegawai dan Tim Kerja Terhadap Kinerja Pelayanan pada Bagian Rumah Tangga dan Kepegawaian Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional
Bagian Rumah Tangga dan Kepegawaian yang merupakan salah satu unit kerja dibawah Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional, mempunyai tugas melaksanakan urusan kerumahtanggaan, ketatalaksanaan, hukum, perundang-undangan, dan pengelolaan kepegawaian dilingkungan Sekretariat Jenderal. Dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan, Bagian Rumah Tangga dan Kepegawaian senantiasa berupaya untuk meningkatkan kompetensi seluruh pegawai serta mengefektifkan tim kerja agar seluruh pegawai dapat memberikan kineja terbaiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Seberapa besar pengaruh kompetensi pegawai dan tim kerja terhadap kinerja pelayanan pada Bagian Rumah Tangga dan Kepegawaian Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional”. vii Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling pada populasi yaitu Pegawai Bagian Rumah Tangga dan Kepegawaian sebanyak 90 responden. Untuk menguji instrument dilakukan uji validitas dan reliabilitas, Uji validitas diukur dengan koefesien korelasi item-total yang terkoreksi, ≥ 0,207, dan reliabilitas diukur dengan koefesien reliabilitas Alpha Cronbach, ≥ 0,800. Selanjutnya untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X1 (kompetensi pegawai), dan X2 (Tim kerja) terhadap variabel Y (kualitas pelayanan), digunakan metode statistik analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS 17,0. Hasil penelitian yaitu uji validitas dan reliabilitas instrument dinyatakan valid dan reliable. Nilai koefesien validitas kompetensi pegawai untuk semua item antara 0,419 sampai 0,795, dan koefesien reliabilitas 0,905. Nilai koefesien validitas Tim Kerja untuk semua item antara 0,497 sampai 0,794, dan koefesien reliabilitas 0,918. Nilai koefesien validitas kinerja pelayanan untuk semua item antara 0,385 sampai 0,767, dan koefesien reliabilitas adalah 0,876. Deskripsi keadaan gambaran kompetensi pegawai, Tim Kerja, dan Kinerja Pelayanan sesuai jawaban responden dinyatakan positif dan baik, dan hasil temuan penelitian dinyatakan terdapat pengaruh kompetensi pegawai dan Tim Kerja terhadap Kinerja pelayanan. Pengaruh secara keseluruhan variabel X1 (kompetensi pegawai) terhadap Y (Kinerja Pelayanan) adalah sebesar 16,9% dan pengaruh secara keseluruhan variabel X2 (Tim Kerja) terhadap Y (kualitas pelayanan) adalah sebesar 14%. Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut, Kompetensi Pegawai dan Tim Kerja memiliki hubungan positif dengan tingkat hubungan yang kuat, terhadap Kinerja Pelayanan, maka Kompetensi Pegawai dan Tim Kerja perlu ditingkatkan lebih baik lagi, terutama kompetensi pegawai karena memiliki pengaruh yang lebih besar dibanding Tim Kerja. Disarankan perlunya peningkatan kinerja pelayanan dari indikator efisiensi melalui perencanaan yang lebih baik dalam memberdayakan seluruh sumber daya yang ada. Kompetensi Pegawai perlu ditingkatkan dari sisi pengetahuan, agar pegawai yang masih mengandalkan pengalaman saja selama ini dapat lebih baik lagi kinerjanya. Kepercayaan antar pegawai maupun pimpinan perlu ditingkatkan agar tercipta tim kerja yang efektif dan efisien dalam memberikan kinerja pelayanan.
Tidak tersedia versi lain