Tesis
Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Budaya Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Diklat Di Pusat Penelitian Dan Pengembangan, Pendidikan Dan Pelatihan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI)
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Menguji pengaruh variabel Kompetensi Pegawai terhadap kualitas pelayanan diklat di Puslitbangdiklat LPP RRI. (2) Menguji pengaruh Variabel Budaya Kerja terhadap kualitas pelayanan Diklat di Puslitbangdiklat LPP RRI. (3) Menguji pengaruh Kompetensi Pegawai dan Budaya Kerja terhadap kualitas pelayanan Diklat di Puslitbangdiklat LPP RRI Penelitian dilakukan di Pusat Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (Puslitbangdiklat LPP RRI) dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang dari 102 orang pegawai Puslitbangdiklat LPP RRI dan para alumni diklat. Untuk menguji ada tidaknya pengaruh Kompetensi Pegawai (X1) dan Budaya Kerja (X2), baik secara sendiri-sendiri ataupun secara bersama-sama, terhadap Kualitas Pelayanan Diklat di Puslitbangdiklat LPP RRI (Y), maka digunakan analisis regresi, korelasi, dan koefisien determinasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan diklat di Puslitbangdiklat LPP RRI. Pengaruh ini berarti bahwa semakin baik kompetensi pegawai, maka kualitas pelayanannya juga akan semakin baik pula. Hal ini dibuktikan oleh nilai nilai t hitung regresinya yang sebesar 17,776 dan nilai koefisien korelasi kedua variabel ini yang besarnya 0,896, dengan model regresinya Y = 3,380 + 1,133X1. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya kerja terhadap kualitas pelayanan diklat di Puslitbangdiklat LPP RRI. Pengaruh ini berarti bahwa semakin baik penerapan budaya kerja, maka kualitas pelayanannya juga akan semakin baik pula. Hal ini dibuktikan oleh nilai nilai t hitung regresinya yang sebesar 8,378 dan nilai koefisien korelasi kedua variabel ini yang besarnya 0,688, dengan model regresinya Y = 49,547 + 1,639X2. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pegawai dan budaya kerja (secara bersama-sama) terhadap kualitas pelayanan diklat di Puslitbangdiklat LPP RRI. Pengaruh ini berarti bahwa semakin baik kompetensi pegawai dan diikuti dengan semakin baiknya penerapan budaya kerja di lingkungan organisasi Puslitbangdiklat LPP RRI, maka akan semakin baik pula kualitas pelayanan diklat di Puslitbangdiklat LPP RRI tersebut. Hal ini dibuktikan oleh nilai F hitung regresinya yang sebesar 181,691 dan nilai koefisien korelasi kedua variabel ini yang besarnya 0,908, dengan model regresinya Y = -2,156 + 0,974X1 + 0,470X2. Adapun saran yang dapat dilakukan adalah : (1) Membangun sistem sumber daya manusia dengan basis kompetensi. (2) Memperbaiki budaya kerja yang belum optimal menjadi suatu keunggulan kerja bagi organisasi. (3) Meningkatkan kualitas pelayanan dengan meningkatkan kemampuan responsiveness (daya tanggap) pegawai.
Tidak tersedia versi lain