PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tesis

Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Pada Kecamatan Di Pemerintahan Kota Palembang

M. Sapriansyah - Nama Orang; Adi Suryanto - Nama Orang;

Di tinjau dari aspek filosofis, Salah satu alasan dibentuknya negara adalah untuk menyelengarakan Pelayanan Publik kepada warga masyarakatnya, dengan demikian negara sebagai pemegang mandat dari rakyat bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pelayanan publik sebagai usaha pemenuhan kebutuhan hak-hak dasar rakyatnya tersebut, menyikapi hal ini Pemerintah telah berupaya mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan Kinerja pelayanan publik ini melalui kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan publik kepada masyarakat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana Pelayanan Publik yang diberikan di Kecamatan dalam Kota Palembang, mendeskripsikan kinerja Pelayanan Publik pada Kecamatan dalam Kota Palembang serta Membahas faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian kinerja Pelayanan Publik di Kecamatan dalam Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara terhadap berbagai Narasumber baik Camat, Kasi Kecamatan dan Staf pemberi layanan pada 16 Instansi Kecamatan di Kota Palembang, juga dengan menyebar Instrumen Pertanyaan terhadap responden yang merasakan pelayanan yang diberikan oleh aparatur di Instansi Kecamatan di Kota Palembang, observasi dan pengamatan langsung di lapangan serta studi kepustakaan yang dilakukan. Seluruh data dan informan yang terhimpun selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik yang dilaksanakan pada Instansi kecamatan di kota palembang, berdasarkan hasil observasi dan studi pustaka yang dilakukan, telah berpedoman kepada ketentuan Peraturan Daerah yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Palembang, baik mengenai pelaksanaan serta prosedur yang telah diatur didalamnya, namun demikian dalam pelaksanaan masih terdapat kendala yang dirasakan baik dari unsur masyarakat maupun Instansi Kecamatan sendiri, dari unsur masyarakat utamanya mengenai terlalu banyaknya persayaratan yang diberikan terhadap pelayanan yang dibutuhkan, kurangnya Informasi yang jelas tentang persyaratan pelayanan dan sering terjadinya perbedaan biaya pelayanan terhadap ketentuan yang sudah ditetapkan, Dari unsur Kecamatan terkendala dengan masih belum memadainya, baik jumlah maupun kualitas personil di Kecamatan, utamanya kecamatan yang terletak di daerah perbatasan yang jaraknya jauh dari pusat kota, serta masih minimnya kemampuan dan keahlian petugas pemberi layanan dalam mengoperasikan sarana prasana pelayanan yang ada. Hasil analisa terhadap Indikator kinerja pelayanan publik yang diberikan, secara keseluruhan masih perlu untuk ditingkatkan, Dari 16 Kecamatan yang ada, terhadap Indikator Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas, Produktivitas dan Kepuasan Pelanggan, yang difokuskan pada tujuh jenis pelayanan yang diteliti, meliputi pelayanan Penerbitan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, Surat Keterangan Pengakuan Hak Atas Tanah, Surat Keterangan Pengoperan Hak Atas Tanah, Surat Keterangan Domisisli, Surat Keterangan Pindah dan Legalisir, masih terdapat lima Kecamatan yang menunjukan Kinerja Pelayanan Publik yang Kurang baik yakni Kecamatan Ilir barat II, Kecamatan Gandus, Kecamatan Ilir Timur II, Kecamatan Kertapati dan Kecamatan Plaju. Adapun Kecamatan yang sudah menunjukan Kinerja yang baik akan tetapi masih harus di tingkatkan, terdapat delapan Kecamatan yakni Kecamatan Seberang Ulu II, Seberang Ulu I, Ilir Barat I, Bukit kecil, Kalidoni, Sematang Borang, Sukarame dan Alang-Alang Lebar. Kecamatan dikota palembang yang sudah menunjukan Kinerja yang baik di tujuh pelayanan yang ada, terdapat tiga Kecamatan yakni Kecamatan Kemuning, Ilir Timur I dan Kecamatan Sako. Dari pembahasan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Pelayanan Publik Pada Instansi Kecamatan Di Kota Palembang, dari kelima faktor yang dibahas meliputi Faktor Struktur Organisasi, Visi Misi Organisasi, Kualitas Sumber daya Manusia, Kerja sama dan Sistem Insentif, ada tiga faktor yang masih perlu mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kota Palembang dalam peningkatan Kinerja Pelayanan pada Instansi Kecamatan Kedepannya, meliputi Indikator Struktur Organisasi pada aspek pemahaman dan kejelasan aparat Kecamatan terhadap tugas yang diberikan, Indikator Kualitas Sumber Daya Manusia pada aspek ketersediaan kuantitas dan kualitas Aparatur yang memadai pada Instansi Kecamatan Di Pemerintah Kota Palembang, dan Indikator Sistem Insentif pada aspek Sistem insentif yang berupa uang, dengan lebih memperhatikan Sistem Insentif yang diterima khususnya bagi para tenaga honorer di instansi kecamatan, yang pada pelaksanaanya tidak merata disetiap seksi yang ada.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Tesis 2011 (Gdg)) 080 TMPD 2011
080522011
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
080 TMPD 2011
Penerbit
Jakarta : STIA LAN Jakarta., 2011
Deskripsi Fisik
xvi, 215 hlm. : 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
09.D2.007
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Tesis 2011
Info Detail Spesifik
SC
Pernyataan Tanggungjawab
M. Sapriansyah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?