Tesis
Analisis Pelayanan Publik Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Di Kota Medan
Tesis ini membahas kualitas Pelayanan Publik Pada badan Pelayanan Perizinan Terpadu di Kota Medan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode SERVQUAL (RATER) untuk mengetahui kualitas pelayanan dari sektor penyedia layanan dan penerima layanan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelayanan perizinan pada Badan Pelayana Perizinan Terpadu Kota Medan belum optimal, hal ini dibuktikan dengan masih rendahnya sumber daya manusia yang berkompeten dan kekurangan dalam junlah, belum diterapkannya informasi dan teknologi sebagai sarana pendukung administrasi, belum maksimalnya sosialisasi akan keberadaan BPPT dan prosedur perizinan, serta masih banyaknya praktek percaloan dalam perizinan. Berdasarkan temuan tersebut penulis menyarankan perlu dilakukan perbaikan dengan melakukan peningkatan kualitas dan kuantitas terhadap sumber daya manusia dan peralatan pendukung berbasis teknologi informasi, melakukan sosialisasi keberadaan BPPT dan prosedur perizinan, mengatasi masalah calo perizinan serta melakukan kajian dan evaluasi terhadap prosedur pelayanan saat ini untuk menciptakan Pelayanan perizinan yang lebih cepat, mudah dan murah.
Tidak tersedia versi lain