Tesis
Analisis Kinerja Pelayanan Publik (Studi Kasus Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang)
Peningkatan kinerja organisasi pelayanan publik di Kecamatan Cipondoh telah menjadi tuntutan dari berbagai pihak. Banyak variable yang dapat mempengaruhi tingkat pencapaian kinerja organisasi pelayanan publik diantaranya adalah (1) faktor ketersediaan sumber daya; (2) keluasan wewenang organisasi, (3) karakteristik lingkungan organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang kinerja pelayanan publik di Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan beberapa konsep, yakni konsep kinerja organisasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerka organisasi publik, konsep pelayanan publik, konsep kepuasan pelanggan dan konsep pelayanan publik di daerah. Penelitian ini pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, sedangkan objek penelitian adalah Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan keseluruhan nilai kinerja organisasi Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang berhasil 84,26%. Kualitas pelayanan Kecamatan Cipondoh berdasarkan: (1) dimensi wujud penampilan/ tangible kurang memuaskan (2,39 - 2,45 = -0,06), karena tingkat persepsi penerima layanan lebih rendah dari tingkat harapan penerima layanan; (2) dimensi kehandalan/ reliability kurang memuaskan (2,34 - 2,50 = -0,16), karena tingkat persepsi penerima layanan lebih rendah dari tingkat harapan penerima layanan; (3) dimensi daya tanggap/ responsiveness sangat memuaskan (2,52 - 2,51 = 0,01), karena tingkat persepsi penerima layanan lebih tinggi dari tingkat harapan penerima layanan; (4) dimensi keyakinan atas pelayanan/ assurance kurang memuaskan (2,43 - 2,47 = -0,04), karena tingkat persepsi penerima layanan lebih rendah dari tingkat harapan penerima layanan; (5) dimensi kepedulian/ empathy kurang memuaskan (2,23 - 2,49 = -0,26), karena tingkat persepsi penerima layanan lebih rendah dari tingkat harapan penerima layanan; (6) dari seluruh dimensi (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy) kualitas pelayanan Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang adalah kurang memuaskan 2,38 - 2,48 = -0,10, karena tingkat persepsi penerima layanan lebih rendah dari harapannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja organisasi Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang; faktor sumberdaya keuangan, sarana masih perlu ditingkatkan, dari sisi kewenangan Kecamatan Cipondoh sudah memiliki legalitas, dan dari sisi lingkungan eksternal dan internal mendukung untuk pelaksanaan pelayanan publik.
Tidak tersedia versi lain