Skripsi
Studi Kepribadian Sekretaris Pimpinan Pada Badan Pusat Statistik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian sekretaris pimpinan pada Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. Aspek yang diteliti adalah kebiasaan dan tingkah laku dalam melaksanakan pekerjaan, kemampuan berbicara, dan sikap dalam menunjang pelaksanaan pekerjaan. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang dilakukan terhadap beberapa orang key informant serta melalui telaah dokumen. Temuan-temuan yang penulis dapatkan setelah melakukan penelitian yaitu Pertama ditinjau dari aspek kebiasaan dan tingkah laku dalam melaksanakan pekerjaan pada dasarnya sekretaris pimpinan pada BPS RI telah memiliki kebiasaan dan tingkah laku yang dapat memenuhi harpan pimpinan. Walaupun disisi lain terdapat kelemahan bahwa seorang sekretaris pimpinan sebagai pribadi tersendiri yang memiliki kepribadian dan tingkah laku lahiriah yang sedikit banyak berpengaruh terhadap pelaksanaan pekerjaannya. Kedua, ditinjau dari aspek kemampuan berbicara secara garis besar aspek kemampuan berbicara pada sekretaris pimpinan BPS RI sudah cukup efektif. Hal tersebut dapat terlihat dari sudah sudah terjalinnya komunikasi dan informasi timbal balik yang cukup efektif, baik dari atau kepada atasan, pihak luar, maupun dengan rekan kerja. Dalam hal-hal tertentu kadang-kadang terjadi kesalahpahaman dalam proses komunikasi tersebut. Namun hal ini dianggap wajar oleh para pimpinan. Ketiga, ditinjau dari aspek sikap dalam menunjang pelaksanaan pekerjaan, pimpinan serta staf maupun rekan kerja pada dasarnya menilai aspek ini cukup positif. Dalam arti para sekretaris pimpinan sudah menunjukkan sikap yang sopan bila dalam berpakaian maupun dalam berprilaku saat bekerja dan saat berada dikantor. Dari hasil penelitian yang telah dikemukakan di atas, penulis memberikan saran-saran sebagai berikut : 1. Aspek Kebiasaan danTingkah Laku dalam Melaksanakan Pekerjaan Mengingat peran seorang sekretaris pimpinan pada BPS RI sangatlah penting, maka sekretaris pimpinan haruslah memiliki dasar atau latarbelakang pendidikan kesekretarisan karena tidak semuanya sekretaris pimpinan berlatar belakang pendidikan kesekretarisan. Hal ini dimaksudkan agar dalam pelaksanaan tugasnya dapat berjalan dengan lebih baik lagi. 2. Aspek Kemampuan Berbicara Penulis menyarankan untuk meminimalisir kesalahpahaman dalam penyampaian informasi oleh seorang sekretaris pimpinan, baik dari atau kepada atasan, dari atau kepada pihak luar, maupun dari atau kepada rekan kerja. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara pada saat penyampaian informasi lebih teliti, jelas dan tidak tergesa-gesa. Bila perlu diadakan pelatihan public speaking. 3. Aspek Sikap dalam Menunjang Pelaksanaan Pekerjaan Pada dasarnya sekretaris pimpinan pada BPS RI sudah cukup sopan, namun ada baiknya organisasi mengikutsertakan para sekretaris pimpinan dalam berbagai pelatihan, workshop, secara berkala. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja sekretaris pimpinan dan kepribadian sekretaris pimpinan dalam bersikap yang sopan dan prima ketika bekerja.
Tidak tersedia versi lain