Skripsi
Strategi Promosi Hasil Perikanan Di Pasar Luar Negeri Oleh Direktorat Jenderal Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Luar Negeri, dengan aspek-aspek: periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relations). Metode yang dipakai dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknis analisis data dengan menggunakan model Miles and Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan/verifikasi. Analisis data akan dilakukan setelah data terkumpul, baik data dari wawancara maupun telaah dokumen, dimana hasil analisisnya akan disajikan dalam bentuk narasi dan kutipan-kutipan langsung atas hasil wawancara, telaah dokumen dengan kalimat deskriptif kualitatif Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan tentang strategi promosi Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Luar Negeri, sebagai berikut. 1. Aspek Periklanan (Advertising), salah satu media periklanan yang digunakan oleh Ditjen P2HP dengan memanfaatkan internet, melalui advertisement organizer, yaitu dengan memasang webbanner di website penyelenggara pameran internasional bidang perikanan. vi 2. Aspek Promosi Penjualan (Sales Promotion), Ditjen P2HP melaksankan kegiatan fasilitasi perusahaan Indonesia untuk mengikuti event pameran internasional, pengiriman DELRI, Foreign Buyer Mission (FBM) berupa temu misi pembeli, bekerjasama dengan Swiss Import Promotion Program (SIPPO). 3. Aspek Hubungan Masyarakat (Public Relations), Ditjen P2HP melakukan Press release dan bekerjasama dengan lembaga atau organisasi promosi negara lain, yaitu Center for the Promotion of Import from Developing Countries (CBI) dan Swiss Import Promotion Program (SIPPO). Terhadap kesimpulan atas strategi promosi hasil perikanan di pasar luar negeri oleh Ditjen P2HP, saran dalam penelitian ini sebagai berikut. 1. Aspek Periklanan (Advertising), disarankan Ditjen P2HP untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk strategi promosi melalui periklanan di pasar luar negeri. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. 2. Aspek Promosi Penjualan (Sales Promotions), menyarankan untuk memaksimalkan promosi penjualan (sales promotion) dengan mengintensifkan keikutsertaan dalam event atau pameran hasil perikanan di luar negeri ke berbagai negara tujuan. Terkait kunjungan kerja DELRI, untuk memfasilitasi pelaku usaha perikanan, ikut serta dalam kunjungan tersebut. Pembuatan bahan materi promosi seperti brosur, leaflet, poster disarankan bentuknya unik dan warnanya cerah untuk menarik minat pembeli. 3. Aspek Hubungan Masyarakat (Public Reations), menyarankan untuk kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini dengan stakeholder hasil perikanan di dalam maupun luar negeri untuk dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi. Sedangkan press realase disarankan secara berkala untuk dilakukan sebagai bagian dari ceck and balance kebijakan yang sudah dilaksanakan dan sebagai masukan untuk menentukan arah kebijakan ke depan.
Tidak tersedia versi lain