Skripsi
Proses Pengadaan Barang Dan Jasa Di PT. Indonesia Power Unit Jasa Pemeliharaan
Kesimpulan rnBerdasarkan hasil penelitian ini, dapat di simpulkan bahwa Proses rnPengadaan Barang dan Jasa di PT. Indonesia Power Unit Jasa rnPemeliharaan telah terlaksana dengan baik, walau masih ada beberapa rnfaktor – faktor penghambat, dan berikut adalah kesimpulan secara rnkhusus : rn1. Pada aspek efektifitas dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa rndi PT. Indonesia Power Unit Jasa Pemeliharaan sudah baik, cepat rndan tepat sasaran. Juga dipermudah dengan adanya ERP rn( Enterprise Resource Planning ) yang memungkinkan proses rnpengadaan barang dan jasa tersebut dapat dilakukan sesuai dengan rnketentuan yang ada di perusahaan ini, juga mempersingkat waktu rnpemprosesan dan berpengaruh dengan mitra kerja. Walaupun rnterkadang ada penghambat atau hal yang mengganggu keefektifan rnproses. Dan juga barang dan jasa sudah sesuai kebutuhan rnperusahaan. rn2. Pada aspek efisien dalam proses pengadaan barang dan jasa rndi PT. Indonesia Power Unit Jasa Pemeliharaan sudah baik, dilihat rn71 rndari penghematan biaya, juga pengurangan sumber tenaga atau rnsumber daya yang ada, dan dari segi waktu sudah lebih cepat rnkarena menggunakan sistem yang langsung pada bagian rnpengadaan. rn3. Pada aspek kompetitif dalam proses pengadaan barang dan jasa rndi PT. Indonesia Power Unit Jasa Pemeliharaan sudah bersaing rnsehat persaingan dan juga perusahaan ini tidak membenarkan hal rnyang diskriminatif, serta sudah ada ketentuan dari Surat Keputusan rnyang tercantum bahwa jika mitra sudah dari pemenang, dia berhak rnmengikuti ketentuan perusahaan, dan apabila melanggarnya akan rndiberikan surat peringatan atau sanksi. rn4. Pada aspek transparan dan terbuka dalam Proses Pengadaan rnBarang dan Jasa di PT .Indonesia Power Unit Jasa Pemeliharaan rntelah menginformasikan menggunakan berbagai media agar rninformasi tersebut dapat diketahui dengan tepat dan cepat kepada rncalon peserta atau kepada mitra kerja . rn5. Pada aspek adil dan wajar dalam proses pengadaan barang dan rnjasa di PT. Indonesia Power Unit Jasa Pemeliharaan memandang rnsemua mitra kerja sama dan mendapat perlakukan yang sama dan rntidak ada perlakuan yang khusus atau menguntungkan pihak rntertentu saja. Juga mitra kerja sudah mengetahui bahwa adanya rn72 rnketentuan atau aturan perusahaan, dimana jika mereka melanggar rnakan dikenakan sanksi. rn6. Pada aspek akuntabel dalam proses pengadaan barang dan jasa di rnPT. Indonesia Power Unit Jasa Pemeliharaan sudah mempunyai rncara mengevaluasi dan membuat pengarsipan berupa dokumen – rndokumen semua pelaksanaan pekerjaan maupun pengadaan rnbarang sehingga dapat dimonitoring, dan dapat ditelusur dengan rnmudah agar pengarsipannya lengkap dan rapi juga bisa mencegah rnterjadinya kesalahan apabila diperiksa atau diaudit oleh pihak rneksternal rnB.Saran rn1. Dalam pelaksanaan Proses pengadaan barang dan jasa rndi PT. Indonesia Power Unit Jasa Pemeliharaan semakin terbuka rnkepada Mitra Kerja yang sudah terpilih dapat lebih memberikan rnkontribusi yang lebih terhadap Perusahaan. rn2. Agar lebih terbina komunikasi dua arah antara mitra kerja dengan rnPerusahaan, sehingga pekerjaan dilaksana dengan cepat dan tepat. rn3. Pengarsipan dokumen pengadaan barang dan jasa dibuat lebih rapih rnsehingga dapat lebih mudah memonitoring apabila terjadi kekeliruan rndan apabila ada pemeriksaan atau audit
Tidak tersedia versi lain