Skripsi
Peran Front Office Pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Administrasi Jakarta Selatan
Front Office pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Selatan merupakan staf terdepan yang menyambut para pemohon (warga yang ingin membuat perizinan dan non perizinan) yang datang ke kantor PTSP, Front Office tidak hanya menerima pelayanan di depan meja saja tetapi juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih kepada pemohon yang membutuhkan informasi yang lebih. Permasalahan yang terjadi adalah adanya keluhan dari pemohon antara lain pemohon merasa petugas Front Office kurang memahami perizinan yang ada, kurangnya SDM sebagai Front Office, petugas yang kurang ramah dalam berbicara kepada pemohon dan mungkin masih banyak hal lain yang perlu di evaluasi terhadap peran Front Office. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Front Office pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Selatan. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan telaah dokumen. Jumlah key informant yang diwawancarai adalah lima orang yang terdiri dari satu orang pimpinan di kantor , satu orang kasubag Tata Usaha, satu orang koordinator sebagai pengawas Front Office di lapangan, dua orang front office sebagai objek penelitian dan 1 orang pemohon sebagai penerima pelayanan. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Front Office pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Selatan dalam vi pelayanannya bisa dikatakan belum optimal. Ditinjau dari tiga aspek yang menjadi fokus penelitian. Hasilnya dapat dirinci sebagai berikut : 1. Peran penerima berkas dan penginput berkas Masih adanya Front Office yang belum mampu untuk bersikap teliti cermat dan tepat dalam menerima dan menginput berkas 2. Peran verifikator berkas Masih adanya Front Office yang belum teliti dalam memverifikasi data 3. Peran Komunikator Masih adanya sikap Front Office yang dikeluhkan oleh pemohon salah satunya kurang ramah dalam memberikan informasi Dari hasil penelitian yang telah disimpulkan diatas, penulis dapat memberikan saran-saran sebagai berikut : 1. Peran sebagai penerima dan penginput berkas Penulis menyarankan agar diberikan pengetahuan lebih tentang cara penginputan yang sesuai dan cepat dan juga bagaimana memilah perizinan dalam menerima berkas. 2. Peran Verifikator Penulis menyarankan agar diadakan pelatihan dan bimtek tentang perizinan dan non perizinan mengenai SOP syarat perizinan dan non perizinan. 3. Peran Komunikator penulis menyarankan untuk menambah pengetahuan Front Office harus diadakan diklat diklat sensitivity dapat meningkatkan rasa emphaty front office terhadap pemohon, dan juga Front office harus mengikuti bimtek berkala sehingga front office selalu update dengan syarat dan ketentuan perizinan dan non perizinan.
Tidak tersedia versi lain