Tesis
Pengukuran Kinerja Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Bahasa Badan Pendidikan Dan Pelatihan Kementerian Pertahanan
Penelitian ini membahas pengukuran kinerja sektor publik dengan
menggunakan metode Balanced Scorecard yang meliputi empat perspektif yaitu
perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta
perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Pusat Pendidikan dan
Pelatihan Bahasa pada tahun 2014 dengan menggunakan empat perspektif dalam
metode Balanced Scorecard. Jenis penelitian yang digunakan merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja Pusat Pendidikan
dan Pelatihan Bahasa Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan
dengan pendekatan Balanced Scorecard adalah Baik dengan nilai rata-rata total
3,30 dan hasil pengukuran skor serta bobot untuk keseluruhan aspek sebesar total
82,52 sehingga termasuk kinerja Baik. Kinerja dengan nilai tertinggi ada pada
kinerja keuangan. Sedangkan kinerja yang mendapat skor paling kecil adalah
kinerja proses bisnis internal. Upaya-upaya stratejik untuk meningkatkan kinerja
Pusdiklat Bahasa harus terus dilakukan agar tingkat kinerja Pusdiklat Bahasa
berada pada kondisi yang lebih baik/sangat baik, terutama pada aspek proses
bisnis internal yaitu peningkatan peralatan, sarana dan prasarana, menambah
jumlah tenaga widyaiswara, serta pengembangan program diklat sesuai dengan
tuntutan pasar.
Tidak tersedia versi lain