Tesis
Pengaruh Remunerasi Dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Sosial Di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Remunerasi dan Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Sosial di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, dengan mengambil sampel sebanyak 58 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kuantitatif Untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X1 terhadap variabel Y dan pengaruh variabel X2 terhadap variabel Y maka penulis menggunakan teknik statistik Regresi dan Korelasi Sederhana Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap variabel Y, maka penulis menggunakan teknik statistik Regresi dan Korelasi Berganda. untuk perhitungannya penulis menggunakan program SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : - Remunerasi terhadap Kualitas Pelayanan Sosial di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta berpengaruh positif sebesar 0,351 atau 35,1% artinya apabila variabel Remunerasi meningkat, maka variabel Kualitas Pelayanan Sosial pun akan meningkat, dan sebaliknya apabila variabel Remunerasi menurun maka Kualitas Pelayanan pun akan menurun. - Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Sosial di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta berpengaruh positif sebesar 0,526 atau 52,6% artinya apabila variabel Kompetensi Pegawai meningkat, maka variabel Kualitas Pelayanan Sosial pun akan meningkat, dan sebaliknya apabila variabel Kompetensi Pegawai menurun maka Kualitas Pelayanan pun akan menurun. - Remunerasi dan Kompetensi Pegawai secara bersama-sama terhadap Kualitas Pelayanan Sosial di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta berpengaruh positif sebesar 0,406 atau 40,6% artinya apabila variabel Remunerasi dan Kompetensi Pegawai meningkat, maka variabel Kualitas Pelayanan Sosial pun akan meningkat, dan sebaliknya apabila variabel Remunerasi dan Kompetensi Pegawai menurun maka Kualitas Pelayanan pun akan menurun. Saran yang dilakukan dalam penelitian ini adalah : Sumber daya manusia yang ditempatkan di panti harus berlatar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidangnya, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta juga harus memfasilitasi pendidikan dan pelatihan bagi SDM-SDM yang ditempatkan di panti sosial. Sistem remunerasi yang telah berjalan harus dirancang lebih baik lagi agar dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kualitas pelayanan di panti yaitu dengan memperhitungkan bobot kerja dan hasil kerja yang telah dicapai mengingat sistem remunerasi yang ada sekarang ini kurang memperhitungkan penilaian kinerja pegawai secara jelas dan objektif . Kualitas pelayanan sosial di panti dapat ditingkatkan melalui indikator kehandalan (Reliability) dengan mengupayakan agar pegawai dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab dalam emosi dan sikap sebagai seorang pegawai yang profesional, meningkatkan kemampuan memberikan pelayanan yang cepat, tanggap dan sesuai dengan kebutuhan, masalah dan kemampuan lanjut usia.
Tidak tersedia versi lain