Skripsi
Pengaruh Pelayanan Pengujian Kalibrasi Terhadap Kepuasan Pemberi Layanan Kesehatan Di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelayanan pengujian kalibrasi terhadap kepuasan pemberi layanan di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Jakarta sekaligus mengungkapkan permasalahan yang terjadi dan diharapkan dapat membantu memecahkan permasalahan yang dimaksud. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 487 fasilitas pelayanan kesehatan/rumah sakit dengan 83 sampel. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner kepada fasilitas pelayanan kesehatan/ rumah sakit yang mendapatkan layanan pengujian kalibrasi alat kesehatan di BPFK Jakarta. Uji validitas instrument diperoleh hasil bahwa seluruh indikator X dan Y dikatakan valid. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji validitas dimana nilai rhitung > rtabel dengan rtabel = 0,361. Dari hasil uji reliabilitas seluruh indikator X dan Y dikatakan reliable. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji reliabilitas dimana nilai α > 0,60 Dari hasil penelitian ini didapat persamaan regresi Y= 1.040+ 245X Nilai koefisien korelasi pearson Product Moment sebesar 0,644, artinya besar viii korelasi antara variabel kepuasan pemberi layanan kesehatan dengan pelayanan pengujian kalibrasi BPFK Jakarta sebesar 0,644 atau kuat.Hubungan dari kedua variabel bernilai positif/ searah dan signifikansinya sebesar 0,05. korelasi antara kepuasan pemberi layanan kesehatan dan pelayanan kuat, signifikan dan searah. Nilai koefisien determinasi r2 = 0,407 artinya sebesar 40,7% kepuasan pemberi layanan kesehatan dipengaruhi oleh variabel pelayanan pengujian kalibrasi dengan dimensi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati sedangkan sisanya 59,3% dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian tersebut, kualitas pelayanan pengujian kalibrasi BPFK Jakarta berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Artinya apabila semakin tinggi tingkat kualitas pelayanan pengujian kalibrasi maka akan semakin naik atau semakin tinggi pula tingkat kepuasan pelanggan BPFK Jakarta. Berdasarkan kesimpulan dari Pengaruh Pelayanan Pengujian Kalibrasi Terhadap Kepuasan di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Jakarta, maka penulis mencoba menyarankan sebagai berikut: 1. Bagi BPFK Jakarta hendaknya mempertahankan pelayanan yang telah diberikan kepada pelanggan. Dan terus berupaya meningkatkan pelayanan agar lebih baik lagi, sehingga pelanggan tetap merasa puas. 2. BPFK Jakarta hendaknya masih tetap terbuka menerima kritik dan saran dari berbagi pihak agar dapat menampung dan memperbaiki hal- hal yang dikomplainkan pelanggan demi memberikan kepuasan sesuai dengan apa yang diharapkan para pelanggan.
Tidak tersedia versi lain