Skripsi
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyaritas Pelanggan Koperasi Sejarahtera PT. Garuda Maintenance Facility Aero Asia (Study Kasus Anggota Koperasi Workshop 1)
Kualitas pelayanan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, sehingga akan mempengaruhi tingkatan pendapatan dari perusahaan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan koperasi GMF Aero Asia Sejahtera. Adapun variable kualitas pelayanan dalam penelitian ini adalah reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), tangibles (bukti langsung), dan empathy (empati), terhadap variable loyalitas pelanggan koperasi GMF Aero Asia Sejahtera. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode penelitian kuantitatif, menggunakan secara diskriptif melalui teknik survei ke anggota koperasi GMF Aero Asia Sejahtera di area workshop-1. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 51 anggota koperasi yang berada di area workhop-1. Teknik analisis data yang dipakai penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif pendekatan product moment pearson, dengan bantuan skala likert. viii Analisis segi hubungan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan koperasi GMF Aero Asia Sejahtera menunjukkan kategori hubungan positif r sebesar 0,741; segi kontribusi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan koperasi GMF Aero Asia Sejahtera menunjukkan kontribusi R sebesar 54,90%; segi besaran pengaruh kualitas pelayan terhadap loyalitas pelanggan koperasi GMF Aero Asia Sejahtera diperoleh persamaan Y = 0,102+0,185X. Dengan menggunakan analisis kuantitatif yakni uji kecukupan data, uji reliable, regresi linier sederhana, uji validitas, koefisien determinasi, dan uji T, dapat disimpulkan bahwa dimensi kualitas pelayanan bukti langsung dan daya tanggap berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap loyalitas pelanggan koperasi sebesar 54,90%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa perlunya peranan pengurus koperasi dalam peningkatan kualitas pelayana koperasi terhadap pelanggan koperasi GMF Aero Asia Sejahtera, dikarenakan akan mempengaruhi terhadap pendapatan koperasi disebabkan menurunya loyalitas pelanggan koperasi. Saran kepada pengurus koperasi agar dapat segera melakukan pelatihan-pelatihan terhadap karyawannya dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan koperasi, agar loyalitas pelanggan koperasi GMF Aero Asia Sejahtera tetap terjaga.
Tidak tersedia versi lain