Skripsi
Pengaruh Kualitas Layanan Loket Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien Pada Instalasi Gawat Darurat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
Loket pendaftaran merupakan suatu tempat dimana pertama pertama seseorang berkunjung ke IGD RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dengan harapan akan memperoleh pelayanan selanjutnya, citra pelayanan yang baik akan dapat langsung dirasakan di loket pendaftaran. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dengan indicator tangibility, reliability, responsiveness, assurance dan empaty terhadap kepuasan pasien di IGD RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data melalui kuesioner dengan subyek penelitian adalah pasien, keluarga atau pengantar pasien yang datang ke IGD RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo sebanyak 104 sampel. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0.87 +0.249 X1 + 0,273 X2 + 0,228 X3 + 0,255 X4 + 0,235 X5. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel reliability dengan koefisien regresi sebesar 0,273, lalu assurance dengan koefisien regresi sebesar 0,255, kemudian diikuti dengan tangibility dengan koefisien regresi sebesar 0,249, dan emphaty dengan koefisien regresi sebesar 0,235 sedangkan variabel yang berpengaruh paling rendah adalah responsiveness dengan koefisien regresi sebesar 0,128. Peneliti menyarankan kepada pihak manajemen IGD RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo khususnya petugas loket pendaftaran untuk lebih lebih tanggap terhadap keluhan konsumen baik yang diadukan maupun yang tidak dengan cara meningkatkan kulitas komunikasi efektif baik kepada pasien, keluarga pasien ataupun pengantar pasien.
Tidak tersedia versi lain