Skripsi
Pengaruh Harga Terhadap Batik Java Di Departemen Store PT. Sarinah Thamrin Jakarta
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Harga Terhadap Penjualan Batik Java di Departemen Store PT. Sarinah Thamrin Jakarta Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling insidental berjumlah 67 orang responden, pengumpulan data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan telaah dokumen yang dilakukan Peneliti dalam melakukan penelitian ini. Variabel dalam penelitian ini adalah Harga Variabel (X) dengan Indikator : 1). Potongan Harga, 2). Penetapan Harga, 3). Variasi Pilihan Tipe, 4). Harga Jual Merk Pesaing dan Variabel Penjualan (Y) dengan indikator : 1). Jumlah Penjualan dan 2). Nilai Penjualan Hasil penelitian Pengaruh Harga Terhadap Penjualan Batik Java di Departemen Store PT. Sarinah Thamrin Jakarta, menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap penjualan Batik Java Sarinah. Selain itu hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1. Harga ( Variabel X ) mempunyai pengaruh kuat dan searah terhadap penjualan ( Variabel Y ) Batik Java di Departemen Store PT. Sarinah Thamrin Jakarta. Hal ini ditunjukan dengan hasil koefisien korelasi Model Summary sebesar 0,400 atau 40,0 % dimana lebih besar dari R Square yaitu 0,160 atau 16 %. Koefisien korelasi tersebut menujukan hubungan yang positif 2. Dari koefisien regresi tersebut dapat dihitung koefisien determinasi (Adjusted R ) sebesar 0,147 atau 14,7 persen. Dapat dikatakan bahwa pengaruh harga terhadap penjualan Batik Java di Departemen Store PT. Sarinah Thamrin ix Jakarta sebesar 14,7 persen ditentukan oleh harga Batik Java Sarinah. Dengan kata lain, harga batik Java Sarinah memberikan kontribusi sebesar 14,7 persen terhadap penjualan Batik Java Sarinah sedangkan 85,3 % ditentukan oleh faktor-faktor lain diluar harga pada Batik Java Sarinah. Berdasarkan Kesimpulan diatas, penulis menyarankan : 1. Meningkatkan promosi-promosi khususnya Batik Java itu sendiri sebagai Batik Mitra selakau barang milik Sarinah sendiri agar dapat meningkatkan penjualan dari tahun ketahun. 2. Menjaga kualitas atau penempatan Batik secara berkala, karena bila diperhatikan Batik adalah sebuah seni dan tidak semua menyukai Batik, maka dari itu dari staff atau penjaga atau assistant manager dan manager ikut adil dalam memberikan kontribusinya untuk menjaga kerapihan atau kualitas barang itu sendiri agar tidak cacat atau rusak 3. Memberikan ekstra pelayanan yang lebih kepada pelanggan yang datang baik yag membeli ataupun yang tidak, berikanlah pelayanan yang ekstra adalah sebagai pembanding atau pembeda terhadap penjual batik counter-counter lain yang bukan milik Sarinah itu sendiri 4. Peran serta bagian terkait dalam tahap memfilter barang Batik Java Sarinah baik dari segi model, warna, minat beli yang telah ada, dan harga yang kompetitif.
Tidak tersedia versi lain