Skripsi
Pelayanan Adminisrasi Loket Pendaftaran Di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan
Loket Pendaftaran merupakan suatu tempat dimana pertama kali seeorang berkunjung ke suatu tempat pelayanan, dengan harapan akan memperoleh pelayanan selanjutnya, citra pelayanan yang baik akan dapat langsung dirasakan di loket pendaftaran .Penelitian ini berawal dari adanya indikasi permasalahan mengenai penumpukan antrian di depan loket pendaftaran, masyarakat merasakan hal ini sebagai suatu masalah bila ingin berobat di Puskesmas kecamatan Pasar Minggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelayanan administrasi loket pendaftaran di Puskesmas kecamatan Pasar Minggu Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan, dengan menggunakan 6 aspek yaitu menghimpun, mencatat, mengolah, mengganda, mengirim,dan menyimpan dengan karakter pelayanan kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. Kajian dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, telaah dokumen, dan kuisioner. Subjek penelitian adalah kepala Puskemas kecamatan Pasar Minggu, kepala subbag tata usaha, dan 2 ( dua ) orang iv petugas loket, serta kuisioner yang diberikan kepada 50 orang pelanggan yaitu pasien atau keluarga pasien. Hasil penelitian menunjukan pelayanan administrasi loket pendaftaran di Puskemas Kecamatan Pasar Minggu sudah menggunakan standar ISO 9001;2008, dengan acuan yang disebut Prosedur Mutu administrasi loket. Prosedur ini menjelaskan secara rinci standar kerja yang harus dilaksanakan oleh seluruh petugas administrasi dan petugas rekam medik di loket pendaftaran Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu. Hasil kuisioner menunjukkan 49,56 % pasien mengatakan pelayanan administrasi di loket pendaftaran baik, 32,22% mengatakan cukup baik, 10,44% sangat baik dan 7,11% kurang baik, serta 0,67% sangat tidak baik, hal ini menunjukkan masih kurang optimalnya kinerja pegawai dan sarana serta prasarana yang masih kurang memadai yang ada di Puskesmas Kecamatan Pasar Pasar Minggu Faktor yang mendukung dalam pelayanan administrasi loket pendaftaran adalah pimpinan Puskesmas Pasar Minggu dan jajarannya senantiasa mendukung dan memperhatikan akan pelayanan administrasi di loket pendaftaran dengan memberikan penambahan petugas pada saat antrian sangat panjang dan senantiasa mengevaluasi hasil pelayanan pada setiap bulannya. Sedangkan dalam mengatasi factor-faktor yang menghambat yaitu SDM yang kurang kompetensinya, pasien yang kurang kooperatif, jaringan internet yang belum rampung, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai, pimpinan senantiasa memberi arahan dan masukan agar tetap bersikap senyum, sapa, salam, sopan, dan santun, serta mengajukan anggaran untuk meningkatkan sarana dan prasarana. Adapun saran- saran yang diberikan adalah sebagai berikut : 1. Meningkatkan kompetensi dengaan memberikan pelatihan – pelatihan. 2. Mengadakan sistem elektronik pada loket pendaftaran untuk nomor antrian dan pemanggilan pasien.
Tidak tersedia versi lain