PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Pelaksanaan Tagihan Biaya Pasien Rawat Inap Jaminan Pada Rumah Sakit Pusat Pertamina

Deris Setiawati - Nama Orang; Adriwati - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kinerja bagian keuangan Rumah Sakit Pusat Pertamina dengan membandingkan lamanya hari penagihan pada tahun 2009 s/d 2011 serta dengan menggunakan dokumen dari laporan keuangan Rumah Sakit Pusat Pertamina. Variabel yang diteliti adalah mono variable yaitu pelaksanaan penagihan Rumah Sakit Pusat Pertamina dengan melihat pada aspek kuantitas, kualitas dan waktu dalam proses penagihan. Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian deskriptif dan tehnik pengolahan data yang digunakan adalah wawancara dan telaah dokumen. Tehnik pengolahan data dengan meneliti berdasarkan aspek kuantitas, kualitas dan waktu penagihan dilakukan dengan perbandingan jumlah kunjungan pasien dan lamanya hari penagihan yang terdapat pada laporan keuangan dengan pendekatan kualitatif. 1. Dilihat berdasarkan identifikasi pasien rawat inap, dalam tiga tahun terakhir dari tahun 2009 sampai tahun 2011 menunjukan hasil yang baik. Berdasarkan laporan dari bagian Medical Record Rumah Sakit Pusat Pertamina dilihat dari kunjungan pasien rawat inap jaminan yang semakin meningkat setiap tahunnya dapat dikatakan bahwa Rumah Sakit Pusat Pertamina semakin efektif dalam pemberian jasa layanan kesehatan dengan lebih mengutamakan pada kepuasan pelanggan. 2. Dilihat berdasarkan pengiriman tagihan, dengan semakin meningkatnya kepercayaan dari pihak pelanggan/penjamin dan kepuasan konsumen terhadap Rumah Sakit Pusat Pertamina maka semakin banyak pasien jaminan yang dikirim ke Rumah Sakit Pusat Pertamina untuk mendapatkan Pelayanan Kesehatan secara Profesional dan Medis Mutakhir. Hal tersebut dapat dilihat dengan semakin banyaknya jumlah kolektibilitas piutang yang ada di Rumah Sakit Pusat Pertamina, serta waktu yang diperlukan dalam proses penagihan semakin pendek dari tahun 2009 (diperlukan waktu 68 hari), 2010 (diperlukan waktu 60 hari) dan 2011 (diperlukan waktu 58 hari), Hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan penagihan di Rumah Sakit Pusat Pertamina semakin baik. 3. Dilihat berdasarkan tagihan lanjutan, berdasarkan laporan keuangan setiap tahunnnya selama tiga tahun terakhir dari tahun 2009,2010 dan 2011, pendapatan Rumah Sakit Pusat Pertamina belum mencapai target yang ditentukan tetapi pendapatan setiap tahunnya terus meningkat. Hal tersebut membuktikan walaupun dalam proses penagihan masih adanya tagihan yang dikembalikan atau adanya tagihan lanjutan namun pendapatannya setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup berarti. Untuk itu penulis menyarankan: 1. Untuk lebih memperhatian dan lebih meningkatkan ketelitian dalam proses pengentrian identifikasi pasien rawat inap, guna menghindari kesalahan dalam mengidentifikasi pasien rawat inap. 2. Sebaiknya dalam pengiriman tagihan selalu dilakukan pengecekan data dan kelengkapan berkas-berkas yang dibutuhkan sebelum billing tagihan tersebut dikirim kepada pihak penjamin. Serta proses pembuatan resume dokter dapat lebih dipercepat. 3. Dalam menangani billing tagihan yang dikembalikan sebaiknya dapat dikoreksi secepatnya dan diselesaikan secepatnya tanpa harus menunggu pada pengiriman tagihan berikutnya 4. Upaya lain yang perlu dilakukan adalah mengadakan pelatihan ataupun inhause training untuk masing-masing bagian terkait dengan materi pelatihan penerapan prosedur pasien rawat inap yang berkaitan dengan prosedur penagihan pasien.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Skripsi 2012 (Gdg)) 059 SMEP 2012
059512012
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
059 SMEP 2012
Penerbit
Jakarta : STIA LAN Jakarta., 2012
Deskripsi Fisik
xiv, 87 hlm. : 28 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
0621000537
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi 2012
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Deris Setiawati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?