Skripsi
Pelaksanaan Peran Sekretaris Pada Badan Pusat Statistik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekretaris dalam menunjang kinerja pimpinan pada Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. Aspek yang diteliti adalah peran strategis, peran teknis dan peran pendukung. Ketiga aspek ini diteliti dengan sub aspek performansi organisasi, penyampaian informasi, dan pendistribusian informasi kepada pihak lain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang dilakukan terhadap 20 orang key informant yang dipilih secara purposive serta melalui telaah dokumen. Temuan-temuan yang penulis dapatkan setelah melakukan penelitian, penulis kemukakan per aspek yang diteliti sebagai berikut: Pertama, ditinjau dari aspek peran strategis, ditemukan beberapa masalah antara lain, dalam implementasinya penerapan sekretaris dalam menunjang kinerja pimpinan itu kurang, dalam arti bahwa bukan pada ketidakmampuan sekretaris didalam mengerjakan pekerjaan kantor tetapi dalam hal informasi yang terkadang hanya diketahui oleh pimpinannya saja, adanya pandangan yang berbeda mengenai budaya kerja diantara para sekretaris yaitu ada yang lebih mengacu kepada tingkat kedisiplinan dan ada yang mengemukakan tentang bagaiamana cara bekerja dari sekretaris itu sendiri dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai sekretaris. Kedua, ditinjau dari aspek peran teknis, permasalahan yang ditemukan antara lain bahwa didalam penyampaian informasi saja kepada pimpinan dirasa kurang lengkap tanpa adanya keahlian yang lain seperti dalam hal pembuatan dokumen. Ketiga, ditinjau dari aspek peran pendukung, permasalahan yang ditemukan antara lain alat komunikasi yang sudah ada di BPS RI sudah memadai namun kualitas dari alat komunikasi tersebut kurang diperhatikan. Dari hasil penelitian yang telah dikemukakan di atas, penulis memberikan saran-saran sebagai berikut: 1. Aspek Peran Strategis Mengingat peran sekretaris yang sudah ada sekarang ini berlatar belakang kesekretarisan akan tetapi karena bekerja di BPS RI, maka penulis menyarankan agar diberikan pengetahuan dasar statistik. Hal ini dilakukan agar apabila ada permintaan informasi dari pengguna/masyarakat dapat diberikan informasi yang akurat dan tepat. 2. Aspek Peran Teknis Penulis menyarankan agar pimpinan tetap memberitahu kepada sekretaris mengenai informasi yang akan dilakukan oleh pimpinan, maka dengan demikian sekretaris tetap mengetahui akan jadwal acara pimpinan tersebut sehingga dapat diminimalisir terjadinya jadwal pimpinan yang bertabrakan. Kemudian diharapkan agar pimpinan lebih melibatkan sekretaris dalam pembuatan bahan presentasi seperti powerpoint yang selama ini belum pernah diberikan kepada sekretaris. 3. Aspek Peran Pendukung Pada dasarnya alat komunikasi yang ada di BPS RI sudah tersedia, namun kualitas alat komunikasi tersebut perlu ditingkatkan/diberi perawatan secara berkala.
Tidak tersedia versi lain