Tesis
Pelaksanaan Pengendalian Internal Pada Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan
Perkembangan pengelolaan Rumah Sakit, baik dari aspek manajemen maupun operasional sangat dipengaruhi oleh berbagai tuntutan dari lingkungan, yaitu lingkungan eksternal dan internal. Tuntutan eksternal antara lain adalah dari para stakeholders bahwa Rumah Sakit dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, dan biaya pelayanan kesehatan terkendali sehingga akan berujung pada kepuasan pasien. Tuntutan dari pihak internal antara lain adalah pengendalian biaya. Pengendalian biaya merupakan masalah yang kompleks karena dipengaruhi oleh berbagai pihak yaitu mekanisme pasar, perilaku ekonomis, sumber daya yang professional dan yang tidak kalah penting adalah perkembangan teknologi. Penulisan ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif yang merupakan rangkaian kegiatan atau proses menjaring informasi dari kondisi sewajarnya yang dihubungkan dengan pemecahan suatu masalah baik dari sudut pandang teoritis maupun praktis. Metode penelitian merupakan cara ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan data yang sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian kualitatif di mulai dengan pengumpulan informasi-informasi dalam situasi sewajarnya agar dapat diterima oleh akal sehat. Lebih lanjut Penelitian metode kualitatif akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dan orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Sehingga melalui penelitian ini, peneliti bermaksud mendeskripsikan realita secara jelas dan terperinci mengenai pelaksanaan pengendalian internal pada Rumah Sakit Umum Pusat Pesahabatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pengendalian Internal pada Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan ditinjau dari COSO sudah cukup memadai, dengan keterbatasan sumber daya manusia di Satuan Pemeiksaan Intern (SPI) selaku pengendali internal, pengawasan secara menyeluruh atas aktivitas di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Tidak tersedia versi lain