PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Motivasi Karyawan Dalam Pelayanan Di Pusat Jasa Perpustakaan Dan Informasi Perpustakaan Nasional RI

Baiduri Wulandari - Nama Orang; Sigit Purwanto - Nama Orang;

Usaha untuk memberikan pelayan yang baik di Perpustakaan Nasional RI diperlukan motivasi karyawan yang perlu ditingkatkan, selain itu motivasi akan berpengaruh pada hasil kerja karyawan, karena itu penulis mengambil inisiatif untuk meneliti tentang motivasi karyawan dalam pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi karyawan dalam pelayanan di Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi. Variabel yang diteliti adalah Motivasi Karyawan dalam Pelayanan. Adapun indikator-indikator yang diukur dalam penelitian ini ditinjau dari aspek-aspek dari teori Abraham Maslow yaitu aspek fisiologi, keamanan/rasa aman, sosial, harga diri dan aktualisasi diri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada 7 key informant. Sedangkan untuk mendukung kelengkapan data menggunakan teknik dokumen dan penelusuran data on line. Hasil penelitian dari 5 aspek dari teori Abraham maslow menunjukkan bahwa: 1. Motivasi karyawan dalam pelayanan ditinjau dari aspek kebutuhan fisiologi dapat dilihat dari kedisiplinan absen agar tidak ada pemotongan karena dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan hidup. Kebutuhan fisiologi merupakan kebutuhan yang sangat berpengaruh pada motivasi karyawan. vii 2. Motivasi karyawan dalam pelayanan ditinjau dari aspek kebutuhan keamanan/ rasa aman. Dalam hal ini pengaruhnya tidak begitu besar hanya dirasakan oleh sebagian karyawan dan tingkatan pengaruhnya paling rendah jika dilihat dari kelima aspek kebutuhan. 3. Motivasi karyawan dalam pelayanan ditinjau dari aspek kebutuhan sosial. Dapat dilihat dari karyawan dalam mengatasi kejenuhan dan respek kerja dalam team work memiliki cukup pengaruh akan motivasi karyawan. 4. Motivasi karyawan dalam pelayanan ditinjau dari aspek kebutuhan harga diri, cukup berpengaruh bagi motivasi karyawan, karena ada yang lebih berpengaruh. 5. Motivasi karyawan dalam pelayanan ditinjau dari aspek kebutuhan aktualisasi diri, sangat berpengaruh bagi fungsional pustakawan. Untuk itu penulis menyarankan: 1. Memaksimalkan tunjangan kinerja untuk memenuhi kebutuhan fisiologi agar motivasi karyawan meningkat, yang saat ini tunjangan kinerja di Perpustakaan Nasional RI masih 47%. 2. Perlunya kebijakan yang mendukung pemenuhan kebutuhan keamanan/ rasa aman. Misalnya ada perumahan KPR diperuntukkan bagi karyawan yang bekerja di Perpustakaan Nasional RI ( keamanan/rasa aman dalam segi fisik). Selain itu kebutuhan kemanan/ rasa aman secara psikologi perlu di pertahankan. 3. Perlunya pemeliharaan dalam mewujudkan team work kerja yang solid dalam mendukung kebutuhan sosial seperti diadakannya pelatihan ESQ dan out bound. 4. Perlunya hubungan yang baik dengan atasan, rekan kerja dan yunior sehingga terjalin komunikasi yang baik pula dan kebutuhan akan harga diri dapat terpenuhi, misalkan dengan pendekatan melalui makan siang bersama. 5. Diperlukan evaluasi yang lebih cermat dalam penempatan sumber daya manusia sesuai kompetensinya sehingga karyawan dapat berkembang dan lebih mampu meningkatkam kompetensinya serta mampu mengaktualisasi diri, khususnya dalam rangka peningkatan pelayanan kerja terhadap pemustaka.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Skripsi 2015) 124 SMSDM 2015
124512015
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
124 SMSDM 2015
Penerbit
Jakarta : STIA LAN Jakarta., 2015
Deskripsi Fisik
120 hlm. : 28 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1314050161
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi 2015
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Baiduri Wulandari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?