Skripsi
Motivasi Dan Kompetensi Pegawai Dalam Melaksanakan Pelayanan Kependudukan pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhan Batu
Motivasi dan Kompetensi Pegawai dalam Melaksanakan Pelayanan Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi baik buruknya pelayanan kependudukan. Pelayanan kependudukan di Labuhanbatu mengalami banyak kendala yang berdampak pada terlambatnya penyelesaian dokumen kependudukan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini diketahui dari hasil pengamatan penulis terhadap keluhan-keluhan masyarakat yang merasa tidak puas dengan pelayanan pada yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Motivasi dan Kompetensi Pegawai dalam Melaksanakan Pelayanan Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu ditinjau dari Aspek Motivasi dan Aspek Kompetensi para pegawai yang melaksanakan pelayanan kependudukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan dan yang menjadi key informant adalah pimpinan dari pelaksana teknis pelayanan kependudukan dan juga pegawai yang pelaksana teknisnya itu sendiri pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu. Untuk mengumpulkan data yang berasal dari key informant maka metode yang digunakan adalah wawancara, pengamatan dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan pelayanan telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan juga sub-sub aspek yang mempengaruhi pelaksanaan pelayana tersebut sebagaian besar telah terpenuhi. Namun ada beberapa hal yang belum terpenuhi untuk menunjang kelancaran pelaksana pelayanan antara lain : vii 1. Kebutuhan Rasa Aman Kondisi ruang pelayanan dan ruang operator sangat memprihatinkan, masyarakat bebas keluar masuk sehingga sehingga petugas pelayanan terganggu dan merasa bahwa keselamatan dalam bekerja sangat terancam. 2. Kebutuhan Aktualisasi Diri Para pegawai di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil khususnya para staf tidak mendapatkan kesempatan untuk menonjolkan diri ataupun memberikan sumbangan pemikiran yang mereka miliki untuk memperlancar pelaksanaan pelayanan. 3. Contingency Management Skill Para pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu khususnya pegawai pelaksana teknis tidak dapat menyelesaikan jika mengalami kendala seperti kelainan dalam pekerjaan ataupun kerusakan dalam pekerjaan. Untuk itu penulis menyarankan hal-hal sebagai berikut : 1. Kebutuhan Rasa Aman Memperbaiki atau mendesain ulang ruang pelayanan khususnya diruang operator, sehingga masyarakat tidak bebas keluar masuk ke ruang pelayanan dan ruangan operator tersebut. Dengan demikian akan memberi rasa aman kepada pegawai yang melaksanakan tugas dan dapat meningkatkan produktivitas kerja. 2. Kebutuhan Aktualisasi Diri Para pimpinan harus memberikan kesempatan kepada para pegawai khususnya staf pelaksana teknis pelayanan untuk dapat mengaktualisasikan diri masing-masing. Misalnya dengan memberikan kesempatan untuk memberikan pendapat dalam memperlancar proses pelayanan. Karena dalam pelaksanaan teknis, tidak menutup kemungkinan adanya ide atau gagasan yang mereka ketahui. 3. Contingency Management Skill Keterampilan ini merupakan daya tanggap para pegawai terhadap adanya kelainan dan kerusakan dalam pekerjaan rutin, dimana para pegawai lemah dalam keterampilan ini. Dengan demikian dibutuhkan peningkatan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan.
Tidak tersedia versi lain