Skripsi
Kualitas Pelayanan Pengaduan Kebocoran Pipa Air Pada Departemen Leak Detection & Repair PT. Palyja Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kualitas pelayanan pengaduan kebocoran pipa air pada Departemen Leak Detection and Repair PT. PALYJA Jakarta yang dikaji melalui beberapa aspek meliputi : (1) Standar Mutu, (2) Kecepatan (3) Ketepatan Metode pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Teknik deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data sekunder, telaah dokumen dan observasi di PT. PALYJA. Data sekunder meliputi : data leak finding and repair tahunan Departemen Leak Detection and Repair, data response rime leak repair tahunan Departemen Leak Detection and Repair, Key Performance Indikator KPI Departemen Leak Detection and Repair sedangkan dokumen yang ditelaah dalam penelitian ini terbatas pada kesepakatan kerja sama antara PT. PAM Jaya dengan PT. PALYJA terutama dalam kualitas penanganan kebocoran ditinjau dari response time sebagai indikatornya. Observasi yang dilakukan penulis adalah meninjau dari segala aspek dan kondisi kualitas maupun response time penanganan perbaikan kebocoran baik dari sisi internal maupun eksternal Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa secara rata – rata (keseluruhan) response time penanganan perbaikan kebocoran oleh Departemen Leak Detection and Repair yang bersumber dari telepon (konsumen) masih memenuhi kesepakatan kerja sama antara PT. PAM Jaya dengan PT. PALYJA yaitu dibawah 24 jam, namun dalam kondisi tertentu (insidentil) masih ditemukan beberapa durasi response time yang melebihi dari kesepakatan kerja sama yang umumnya disebabkan oleh faktor eksternal. Jika ditinjau dari sumber informasi diluar telepon (konsumen), response time penanganan perbaikan kebocoran pipa secara v rata – rata juga masih dibawah target yang telah ditetapkan melalui Key Performance Indicator (KPI) Departemen meskipun masih ada beberapa yang tinggi namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Beberapa saran yang diberikan penulis adalah perlunya penurunan response time perbaikan yang tinggi melalui peninjauan dari kecepatan dalam melaporkan seluruh informasi kebocoran ke Control Room, evaluasi mingguan terhadap titik bocoran yang masih belum dikerjakan dan ketepatan dalam penanganan perbaikan kebocoran baik dari sisi material dan assessoriesnya maupun ketepatan dan kecepatan dalam perbaikan kebocorannya secara teknis.
Tidak tersedia versi lain