PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tesis

Kualitas Pelayanan Administrasi Pejabat Pemerintahan Pada Kementerian Sekretariat Negara Dalam Perspektif Pengguna Layanan

Firman Wahyudi - Nama Orang; Asropi - Nama Orang;

Pelayanan publik saat ini seharusnya dilakukan secara transparan dan akuntabel, oleh sebab itu maka diperlukan suatu pengukuran terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh setiap instansi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan administrasi pejabat pemerintahan pada Kementerian Sekretariat Negara dari perspektif pengguna layanan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan telaah dokumen. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Servqual yang diintegrasikan dengan Customer Satisfaction Index (CSI) dan metode Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan administrasi pejabat pemerintahan meskipun berada pada kreteria “cukup memuaskan” namun masih bernilai negatif (terdapat kesenjangan antara persepsi dan harapan pengguna layanan). Dimensi Servqual yang memiliki gap yang terkecil yaitu dimensi realibility dengan nilai gap sebesar -0.41. Sementara dimensi Servqual yang memiliki nilai gap terbesar adalah dimensi tangible dengan nilai gap sebesar -0.47. Pengukuran Customer Satisfaction Index (CSI), menunjukan hasil sebesar 0.780 atau 78%, artinya secara keseluruhan pengguna layanan administrasi pejabat pemerintahan atas pelayanan yang diberikan berada dalam kreteria “puas”. Meskipun demikian, berdasarkan analisis Importance Performance Analysis (IPA), masih terdapat beberapa atribut pelayanan yang berada pada kuadran A, dimana tingkat kepentingan pengguna layanan sangat tinggi namun performance pelayanan belum memuaskan, yaitu terkait dengan ketepatan data dalam Keputusan Presiden, ketersediaan brosur/layar monitor dalam rangka pemberian informasi layanan dan kemudahan menyampaikan keluhan pengguna layanan kepada pihak pemberi layanan. Hal tersebut tentunya harus diperbaiki agar kualitas pelayanan dapat terjaga dengan baik. Saran yang dapat disampaikan adalah pertama, melaksanakan upaya perbaikan khususnya pada dimensi tangible dengan melaksanakan pengembangan Sistem Informasi Pelayanan berbasis elektronik. Kedua, pengembangan kompetensi pegawai, mengacu kepada pelaksanaan pendidikan dan pelatihan terkait dengan pelayanan (service excellent) dan pengetahuan Teknologi Informasi. Ketiga, Membuat mekanisme pengukuran terhadap kualitas pelayanan secara periodik, sehingga upaya perbaikan dapat dilakukan dengan cepat dan berkelanjutan (continues improvement). Kata kunci: Service Quality (Servqual), Custumer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA).


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Tesis 2016) 055 T MSDA 2016
055522016
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
055 TMSDA 2016
Penerbit
Jakarta : STIA LAN Jakarta., 2016
Deskripsi Fisik
161 hlm. 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
15.A.028
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Tesis MSDA 2016
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Firman Wahyudi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?