Skripsi
Kinerja Personel Di Bagian Urusan Dalam Pada Dinas Penelitian Dan Pengembangan TNI AD
Kinerja dalam organisasi merupakan jawaban dari berhasil atau tidaknya tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Kinerja berarti prestasi kerja, pelaksanaan kerja, pencapaian kerja, hasil kerja, dan unjuk kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja personel di Bagian Urusan Dalam pada Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD. Sedangkan yang menjadi aspek penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) aspek unjuk kerja dalam kemampuan teknis, (2) aspek unjuk kerja dalam kemampuan konseptual, dan (3) aspek unjuk kerja dalam kemampuan interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi pustaka dan wawancara. Untuk instrumen penelitiannya berupa pedoman studi pustaka dan pedoman wawancara. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kinerja personel di Bagian Urusan Dalam pada Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD secara umum sudah cukup baik meskipun belum optimal. Untuk itu, penulis menyarankan beberapa hal untuk mengoptimalkan kinerja personel Militer dan PNS di Bagian Urusan Dalam tersebut, sebagai berikut: vii 1. Terkait dengan aspek unjuk kerja dalam kemampuan teknis: agar lebih sering diadakan semacam pelatihan/kursus di bidang tertentu sesuai dengan kebutuhan Bagian Urusan Dalam. Terutama bagi personel baik yang belum memiliki keahlian apapun, agar diperintahkan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan baik di dalam kesatuan (mendatangkan pengajar) ataupun di luar kesatuan (kursus yang diadakan TNI AD). 2. Dalam aspek unjuk kerja dalam kemampuan konseptual: supaya pelaksanaan tugas personel sehari-hari dapat terlaksana dengan baik, maka sebelum menempatkan personel ke dalam suatu posisi agar dipertimbangkan terlebih dahulu spesifikasi apa yang dimiliki personel tersebut. Bukan ditempatkan dahulu ke suatu jabatan baru kemudian diberi pelatihan. 3. Untuk aspek unjuk kerja dalam kemampuan interpersonal: untuk ke depan agar pimpinan di Bagian Urusan Dalam lebih dekat lagi dengan seluruh anggotanya. Sering mengumpulkan anggota untuk diberikan pencerahan, arahan, serta bimbingan, untuk lebih meningkatkan jiwa korsa antar masing-masing personel dalam rangka unjuk kerja dalam kemampuan interpersonal yang lebih baik.
Tidak tersedia versi lain