Skripsi
Formulasi Strategi PT. Bank Mandiri (Persero) TBK. Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Bisnis Perbankan
Perkembangan persaingan anatar bank mendorong bank-bank untuk meningkatkan investasi dalam teknologi perbankan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualiatas pelayanan dan menerapkan strategi yang tepat untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Bank Mandiri telah menanamkan nilai-nilai transparansi, independensi, akuntabilitas, tanggung jawab dan keadilan melalui berbagai program sosialisasi kepada seluruh jajaran bank. Penjabaran atas prinsip corporate governance yang baik telah dilakukan antara lain dengan menuangkan nilai-nilai tersebut kedalam visi dan misi Bank Mandiri. Berdasarkan survey independen oleh MRI, Bank Mandiri menduduki peringkat 3 sebagai bank dengan pelayanan terbaik dari 11 bank di Indonesia pada tahun 2004, oleh sebab itu diperlukan formulasi strategi yang tepat agar dapat meningkatkan nasabah pada tahun berikutnya. Untuk mengambil suatu kebijakan strategis bank lokal perlu menganalisis lingkungan baik yang berasal dari dalam maupun dari luar perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pilihan strategi yang diterapkan oleh Bank Mandiri dalam rangka menghadapi persaingan bisnis perbankan saat ini. Dalam penelitian ini yang menjadi konsep kunci adalah formulasi strategi. Metode yang digunakan untuk penulisan skripsi adalah metode kualitatif yang meliputi langkah- vii langkah manajemen industri yang diterapkan PT. Bank Mandiri dalam menghadapi persaingan bisnis perbankan. Hasil penelitian terhadap lingkungan internal dan eksternal didapatkan kekuatan-kekuatan, kelemahan-kelemahan peluang-peluang, dan tantangantantangan, (Strengths, Weakneses, Opportunities, Threats SWOT). Selanjutnya SWOT tersebut dimasukkan ke dalam matriks-matriks: (1) EFE dan IFE, (2) CPM, (3) TOWS, (4) SPACE), (5) BCG, (6) GSM, dan (7) QSPM bahwa pilihan strategi Bank Mandiri adalah penetrasi pasar. Penetrasi pasar adalah menjual produk secara intensif pada pasar yang ada atau pasar yang selama ini dilayani dengan memanipulasi variabel-variabel lain diluar varial produk antara lain variable harga diturunkan, dan atau variabel distribusi ditambah atau variabel promosi ditingkatkan atau ditambah yang meliputi penambahan jumlah tenaga penjualan, peningkatan pengeluaran untuk iklan, penawaran produk promosi penjualan secara ekstensif, atau pelipatgandaan upaya-upaya pemasaran, pengembangan pasar yaitu dengan memperkenalkan produk atau jasa yang ada ke daerah-daerah yang secara geografis merupakan daerah baru. Saran yang dapat peneliti berikan adalah Bank Mandiri diharapkan dapat meningkatkan penambahan jumlah tenaga penjualan agar tujuan yang diinginkan perusahaan tercapai, bank Mandiri diharapkan dapat meningkatkan pengeluaran untuk iklan baik iklan yang bersifat komersil maupun non komersil, agar pengetahuan nasabah terhadap produk perbankan yang dimiliki oleh bank mandiri dapat bertambah, sehingga dapat meningkatkan daya saing bank mandiri, bank Mandiri diharapkan dapat meningkatkan penawaran produk promosi penjualan secara ekstensif, serta strategi pengembangan yang tengah dilakukan oleh Bank Mandiri.
Tidak tersedia versi lain