PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tesis

Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Rumah Sakit Umum Daerah Ciawi

Alfian Prayoga Saputra - Nama Orang; Mala Sondang Silitonga - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi belum optimalnya kualitas pelayanan di RSUD Ciawi berdasarkan Permenkes 30/2022 dan merumuskan rekomendasi strategi dalam meningkatkan kualitas layanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi. Meskipun memiliki lokasi yang strategis dan berstatus sebagai pusat rujukan utama di Kabupaten Bogor, RSUD Ciawi menghadapi tantangan internal yang kritis, terbukti dari rendahnya tingkat kepatuhan terhadap beberapa Indikator Mutu Nasional (INM) dan keluhan publik yang persisten terkait responsivitas dan reliabilitas layanan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan analisis SWOT (tahap Input, Matching, dan Decision) dan dimensi model SERVQUAL (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi dan merumuskan strategi yang dapat ditindaklanjuti. Data utama dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan informan kunci dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan adanya kekurangan kritis dalam kepatuhan staf terhadap protokol klinis penting, terutama Kebersihan Tangan (Hand Hygiene) (tingkat kepatuhan), Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), dan Kepatuhan Terhadap Panduan Praktik Klinis (Clinical Pathway). Kelemahan sistemik lainnya mencakup proses administrasi yang rumit untuk prosedur darurat (Seksio Sesarea/C-Section) dan keterbatasan kapasitas (tempat tidur rawat inap). Strategi yang dihasilkan berfokus pada digitalisasi terintegrasi (Rekam Medis Elektronik/Clinical Pathway), penegakan disiplin yang ketat, dan penyederhanaan prosedur layanan darurat untuk memitigasi risiko finansial dan reputasi.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Tesis 2025) 067 TMPD 2025
067522025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
067 TMPD 2025
Penerbit
Jakarta : Politeknik STIA LAN Jakarta., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
NPM. 2342021060
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Tesis MPD 2025
Kualitas Layanan: Strategi Manajemen Rumah Sakit:
Info Detail Spesifik
SC
Pernyataan Tanggungjawab
Alfian Prayoga Saputra
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?