Tesis
Evaluasi Implementasi Pelayanan Administrasi Kecamatan Dan Kelurahan Di Kota Administrasi Jakarta Pusat (Studi Kasus: Surat Keterangan (PM.1 Camat/Lurah))
Pemerintah Kota Administrasi Pusat membuat terobosan digitalisasi pelayanan administrasi pada kecamatan dan kelurahan mellaui aplikasi ePMsakti yang kemudian diubah menjadi PM.1 Camat/Lurah. Isu keandalan aplikasi dalam konteks pemenuhan standar pelayanan publik secara elektronik masih belum dapat mengakomodir semua standar pelayanan yang ada, salah satunya pencatatan Pernyataan Ahli Waris (PAW WNI) dan pengukuran kualitas pelayanan elektronik secara sistematis sangat dibutuhkan dalam membangun pelayanan elektronik yang berkualitas dalam rangka memenuhi harapan masyarakat. Studi menggunakan metode penelitian campuran (mixed methods), dengan teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, telaah dokumen, dan observasi lapangan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat. Tingkat kepuasan terhadap layanan PM.1 daring secara umum berada pada kategori sangat tinggi (di atas 90%), dan penilaian berdasarkan UEQ, aplikasi menunjukkan nilai excellent baik dari aspek kualitas pragmatis maupun kualits hedonis. analisis berdasarkan teori Grindle menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi layanan PS PAW daring masih terkendala oleh faktor konteks kelembagaan dan sumber daya. Keterbatasan otoritas Walikota Administrasi yang tidak memiliki kewenangan penuh sebagai kepala daerah, belum adanya sinkronisasi regulasi antarinstansi, serta keterbatasan kapasitas SDM di tingkat pelaksana menyebabkan pelaksanaan layanan belum optimal. Di sisi lain, masyarakat menunjukkan antusiasme tinggi terhadap digitalisasi, meskipun masih terdapat hambatan literasi digital terutama pada kelompok usia lanjut. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan otoritas dan koordinasi lintas level pemerintahan, peningkatan kapasitas SDM dan literasi digital masyarakat, serta pengembangan sistem aplikasi yang lebih inklusif dan terintegrasi. Dengan dukungan kelembagaan yang kuat dan pendekatan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat, layanan PM.1 Camat/Lurah daring berpotensi menjadi model transformasi pelayanan publik digital yang efisien, transparan dan inklusif di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat
Tidak tersedia versi lain