PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Pada Sekolah Dasar Negeri Karawaci 5 Kota Tangerang

Pinas Thio Widyasta - Nama Orang; Porman Lumban Gaol - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan kompetensi guru dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Sekolah Dasar Negeri Karawaci 5 Kota Tangerang. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap tujuh informan utama yang terdiri atas kepala sekolah, guru pembimbing khusus (GPK), koordinator inklusif, dan guru kelas reguler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan kompetensi guru di sekolah ini dilakukan melalui pelatihan tematik dua kali setahun, supervisi akademik, mentoring sejawat, serta kolaborasi lintas profesi antara guru reguler, GPK, psikolog, dan orang tua. Upaya ini berfokus pada peningkatan pengetahuan guru mengenai penyusunan Program Pembelajaran Individual (PPI), keterampilan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan penggunaan media multisensori, serta penguatan sikap empatik terhadap peserta didik berkebutuhan khusus. Strategi tersebut berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan guru dalam mengelola kelas inklusif dan mendorong partisipasi aktif seluruh siswa. Namun, hambatan yang ditemukan meliputi keterbatasan jumlah GPK dengan rasio 1:13 terhadap siswa berkebutuhan khusus, sarana adaptif yang belum memadai, dan beban administrasi guru yang tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pendidikan inklusif di SDN Karawaci 5 sangat dipengaruhi oleh kesinambungan pelatihan berbasis praktik, refleksi pembelajaran, serta dukungan kolaboratif antar pemangku kepentingan sekolah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Skripsi 2025) 156 SMSDMA 2025
156512025
Currently On Loan (Due on 2025-12-08)
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
156 SMSDMA 2025
Penerbit
Jakarta : Politeknik STIA LAN Jakarta., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
NPM. 2120011156
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi 2025
kompetensi guru, pendidikan inklusif, Sekolah Dasa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pinas Thio Widyasta
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?