Skripsi
Analisis Strategi Pemasaran Digital Podcast Kasihtau Dalam Menguatkan Branding Di Kalangan Generasi Muda
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang digunakan oleh Podcast Kasihtau dalam menguatkan branding di kalangan generasi muda. Podcast Kasihtau, yang diproduksi oleh PT Srikandi Kreatif Asia, hadir sebagai media alternatif berbasis digital yang menyasar audiens generasi Z dan milenial dengan pendekatan edukatif, inspiratif, dan relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap enam narasumber kunci, termasuk CEO dan tim kreatif Podcast Kasihtau. Model AIDA (Attention, Interest , Desire, Action) digunakan sebagai kerangka analisis untuk memahami tahapan komunikasi pemasaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Podcast Kasihtau berhasil menarik perhatian audiens melalui konten visual dan audio yang dinamis, membangun ketertarikan dengan tema-tema yang kontekstual, menciptakan keinginan melalui narasi yang inspiratif dan autentik, serta mendorong tindakan melalui interaksi digital dan komunitas pendengar. Strategi kolaboratif, riset audiens, dan pemanfaatan multiplatform digital seperti Instagram, Tiktok, dan YouTube menjadi kunci keberhasilan branding Podcast ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran digital yang terstruktur dan berbasis nilai dapat memperkuat posisi brand di tengah audiens muda yang dinamis. Podcast sebagai media komunikasi juga terbukti memiliki potensi besar dalam membentuk ekosistem digital yang kreatif dan partisipatif di Indonesia.
Tidak tersedia versi lain