Skripsi
Pengaruh Brand Preference Dan Customer Loyalty Terhadap Brand Equity Jakmart Pasar Tanah Abang Perumda Pasar Jaya
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh preferensi merek (brand preference) dan loyalitas pelanggan (customer loyalty) terhadap (brand equity) Jakmart Pasar Tanah Abang yang dikelola oleh Perumda Pasar Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara brand preference dan customer loyalty terhadap brand equity secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden yang merupakan pelanggan Jakmart Pasar Tanah Abang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS versi 25. Variabel independen dalam penelitian ini adalah brand preference (preferensi merek) dan customer loyalty (loyalitas pelanggan), sedangkan variabel dependennya adalah brand equity (ekuitas merek). Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand preference berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity. Demikian pula, customer loyalty juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Secara simultan, kedua variabel independen tersebut memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan brand equity Jakmart Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk memperkuat posisi merek di pasar, Jakmart perlu fokus pada peningkatan preferensi konsumen terhadap merek serta membangun loyalitas pelanggan secara berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi strategis bagi pengelola ritel daerah dan memberikan kontribusi akademik dalam pengembangan literatur pemasaran khususnya pada konteks ritel publik.
Tidak tersedia versi lain