Skripsi
Pengembangan Budaya Kerja untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan pada Layanan Testimoni, Kritik, dan Masukan (ULTIMA) di Sekretariat DPRD Kota Bekasi
Unit Layanan Testimoni, Kritik, dan Masukan (ULTIMA) merupakan platform digital yang digunakan untuk menampung umpan balik dari pengguna layanan di Sekretariat DPRD Kota Bekasi. Berdasarkan analisis lima dimensi kualitas layanan menurut Parasuraman, Zeithaml, dan Berry, aspek tangible, assurance, dan empathy dinilai baik, namun dimensi reliability dan responsiveness belum optimal. Kondisi ini disebabkan oleh penerapan budaya kerja yang belum maksimal pada seluruh dimensi layanan. Penelitian ini bertujuan menganalisis penyebab belum tercapainya kualitas layanan ULTIMA yang efektif dari perspektif budaya kerja, serta merumuskan strategi peningkatan kualitas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan telaah dokumen, yang dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat masalah terkait kurangnya penerapan disiplin pegawai sehingga pegawai belum memiliki kesadaran diri untuk melakukan pelatihan dan pengembangan kompetensi, terkhususnya kompetensi digital. Indikator kerjasama juga belum diterapkan dengan baik dimana hal ini tercermin dari ketiadaan standar pelayanan dan minimnya sosialisasi layanan. Faktor-faktor tersebut berdampak pada belum tercapainya kualitas layanan ULTIMA secara efektif. Beberapa strategi yang dirumuskan peneliti meliputi pengembangan struktur kerja organisasi serta penerapan sistem reward dan punishment untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama yang sehat antarpegawai serta mendorong kedisiplinan pegawai untuk meningkatkan kompetensi. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan metode campuran (mixed-method) untuk mendapatkan data dengan perspektif yang lebih luas serta melakukan studi perbandingan terhadap layanan serupa di instansi lain agar memperoleh gambaran yang lebih komprehensif terkait praktek terbaik (best practices).
Tidak tersedia versi lain