Skripsi
Implementasi Kebijakan Fitur Layanan Pembinaan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Aplikasi e-Kinerja di Direktorat Kinerja Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan fitur layanan pembinaan kinerja pegawai negeri sipil pada aplikasi e-Kinerja. Lokasi penelitian ini adalah Direktorat Kinerja Aparatur Sipil Negara di Badan Kepegawaian Negara. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui ialah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dan model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model implementasi kebijakan Edward III (1980) yang menganalisis implementasi kebijakan dari 4 (empat) aspek yakni komunikasi, sumber daya, disposisi atau sikap, dan struktur birokrasi. Hasil dari penelitian ini ialah implementasi fitur layanan pembinaan kinerja pada aplikasi e-Kinerja belum diterapkan secara optimal dinilai dari aspek komunikasi, sumber daya, dan disposisi kurang optimal karena masih terdapat indikator yang belum berjalan baik. Sedangkan pada aspek struktur birokrasi sudah berjalan dengan baik karena hirarki dan SOP mendukung alur layanan pembinaan kinerja yang baik. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi adalah peningkatan sosialisasi dan edukasi mengenai fitur layanan pembinaan kinerja, menanamkan mindset pentingnya pembinaan kinerja bagi diri sendiri dan bawahan, peningkatan peran atasan dalam memberikan pembinaan individual, pengembangan aksesbilitas aplikasi e-Kinerja.
Tidak tersedia versi lain