Tesis
Faktor-Faktor Yang Berperan Terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak Restoran Pada Unit Pelayanan Pajak Daerah Cengkareng Jakarta
Penelitian tentang faktor-faktor yang berperan terhadap efektivitas penerimaan pajak restoran pada Unit Pelayanan Pajak Daerah Cengkareng Jakarta didasarkan pada fenomena bahwa belum adanya kesadaran bagi pengusaha restoran, bahwa pajak restoran tidak mengurangi keuntungan restoran. Pajak restoran hanyalah uang pajak yang dititipkan oleh konsumen karena dalam bon/bill yang dibayarkan oleh konsumen sudah termasuk pajak restoran sebesar 10%. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat meningkatkan efektivitas penerimaan pajak restoran dan menganalisis usaha-usaha yang dapat dilakukan dalam meningkatkan efektivitas penerimaan pajak restoran . Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan paradigma studi deskriptif. Lokasi penelitian adalah Kecamatan Cengkareng Kota Administrasi Jakarta Barat Provinsi DKI Jakarta, dengan fokus pada Unit Pelayanan Pajak Daerah Cengkareng. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kondisi sumberdaya manusia (pegawai pajak) yang belum mencukupi, kondisi wajib pajak yang belum patuh terhadap peraturan perpajakan dan belum adanya penegakan hukum yang tegas terhadap wajib pajak yang tidak patuh. Disamping itu, kondisi penggunaan data perpajakan sebagai dokumen awal untuk menentukan langkah selanjut dalam pengelolaan pajak belum maksimal. Hal ini disebabkan adanya keterbatasan sumber daya manusia. Secara keseluruhan efektivitas penerimaan pajak restoran membutuhkan ketersediaan sumber daya manusia pegawai pajak, peningkatan pelayanan kepada wajib pajak restoran, peningkatan pengunaan data perpajakan dan implementasi peraturan perpajakan secara tegas oleh Unit Pelayanan Pajak Daerah Cengkareng.
Tidak tersedia versi lain