Skripsi
Pengaruh Pengalaman Penumpang dan Kualitas Pelayanan Dalam Penggunaan KA Bandara Soekarno-Hatta Terhadap Minat Beli Ulang
KA bandara Soekarno-Hatta adalah transportasi berbasis rel yang menawarkan perjalanan dengan cepat dan nyaman untuk menuju bandara. Namun, minat masyarakat untuk menggunakan KA bandara Soekarno-Hatta menurun walaupun telah menawarkan berbagai keunggulan. Penurunan jumlah penumpang, menandakan minat beli ulang masyarakat semakin menurun. Selain itu, banyaknya pengalaman negatif yang disampaikan oleh penumpang mengenai waktu tempuh dan suasana di dalam kereta. Oleh karena itu, perlunya peningkatan kualitas pelayanan yang dapat menimbulkan pengalaman penumpang yang positif sehingga dapat meningkatkan minat beli ulang penumpang KA bandara Soekarno-Hatta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman penumpang dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang pengguna KA bandara SoekarnoHatta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, serta pengolahan data menggunakan SPSS 25. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan melibatkan 110 pengguna KA bandara Soekarno-Hatta dengan minimal pembelian satu kali. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form yang dibagikan kepada responden secara langsung dan online di media sosial. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel pengalaman penumpang dan kualitas pelayanan berpengaruh posisitf dan signifikan terhadap variabel minat beli ulang. Temuan ini menunjukkan bahwa pengalaman penumpang yang positif dan kualitas layanan yang baik akan meningkatkan keinginan penumpang untuk kembali menggunakan KA bandara Soekarno-Hatta. Pengelola KA bandara Soekarno-Hatta harus mengoptimalkan aspek pelayanan dan efisiensi operasional untuk meningkatkan minat beli ulang penumpang
Tidak tersedia versi lain