Skripsi
Efektifitas E-Government Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Bidang Kependudukan Di Kecamatan Kelapa Gading Kota Administrasi Jakarta Utara
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi e-Government dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik bidang kependudukan di Kecamatan Kelapa Gading, kota administrasi Jakarta Utara. Latar belakang pada penelitian ini dilandasi oleh fenomena rendahnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan layanan publik berbasis digital, meskipun pemerintah telah menyediakan berbagai platform layanan online. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas e- government dari Richard M. Steers (2005) dan indikator e-Government menurut Al Gore dan Tony Blair (2002). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Government telah memberikan dampak positif seperti mengurangi biaya serta efisiensi waktu, peningkatan transparansi dan akuntabilitas, serta perluasan akses informasi publik. Namun, masih terdapat tantangan berupa kurangnya literasi digital masyarakat, keterbatasan sosialisasi, serta belum meratanya infrastruktur teknologi untuk menjangkau layanan berbasis e-government. Adapun upaya pemerintah dalam meningkatkan efektivitas e-Government mencakup edukasi publik, pendampingan langsung, serta integrasi sistem pelayanan, dan sosialisasi terkait penjelasan prosedur pelayanan melalui aplikasi yang telah disediakan oleh kecamatan kelapa gading yaitu aplikasi Sikoko dan Doublegate. Kesimpulannya, meskipun penerapan e-Government menunjukkan sudah efektif dari beberapa indikator penilaian efektivitas e-government, namun masih diperlukan optimalisasi strategi adaptasi, sosialisasi yang menyeluruh, dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis e-government.
Tidak tersedia versi lain