PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Pada Pasar Minggu Terhadap Pedagang Pasar

Arifiani Widjayanti - Nama Orang; Rifat Denishwara - Nama Orang;

ABSTRAK UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PADA PASAR MINGGU TERHADAP PEDAGANG PASAR Rifat Denishwara, Arifiani Widjayanti, S.P., M.Si, Ph.D Pasar Jaya Pasar Minggu (selanjutnya disebut Pasar Minggu) merupakan salah satu pasar tradisional yang berada di bawah pengelolaan Perumda Pasar Jaya, yang memberikan layanan kepada pedagang pasar serta konsumen akhir. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya keluhan dari para pedagang terkait layanan yang belum optimal, sehingga diperlukan upaya peningkatan kualitas pelayanan di Pasar Minggu. Penelitian ini menggunakan pendekatan lima dimensi SERVQUAL, yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, di mana subjek penelitian terdiri dari pihak internal yaitu pegawai Pasar Minggu dan pihak eksternal yaitu pedagang pasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan layanan Pasar Minggu belum optimal dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan pedagang, serta menganalisis upayaupaya peningkatan pelayanan yang dapat dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian, para pedagang mengeluhkan kondisi fasilitas fisik dan kebersihan pasar sebagai permasalahan utama yang perlu dibenahi. Upaya peningkatan kualitas layanan dapat dilakukan melalui perbaikan fasilitas bangunan, penerapan sistem pemantauan berbasis kartu checklist, serta penyediaan wadah pengaduan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengelola pasar tradisional dalam meningkatkan daya saing serta mempertahankan kepercayaan publik di tengah persaingan dengan pasar modern Kata Kunci: kualitas layanan, pasar tradisional, pedagang pasar, SERVQUAL, Perumda Pasar Jaya


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Skripsi 2025) 020 SABSP 2025
020512025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
020 SABSP 2025
Penerbit
Jakarta : Politeknik STIA LAN Jakarta., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
NPM. 2132011091
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi 2025
kualitas layanan, pasar tradisional, pedagang pasa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rifat Denishwara
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?