Skripsi
Analisis Penggunaan Fitur Layanan Aplikasi BTN Mobile Banking Pada Nasabah Bank BTN Cabang Cibubur
Semakin berkembangnya teknologi informasi, aplikasi mobile banking menjadi salah satu solusi untuk mempermudah transaksi perbankan. Beragam Fitur Layanan yang tersedia pada mobile banking telah memenuhi dan melengkapi kebutuhan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan fitur layanan aplikasi BTN mobile banking pada nasabah Bank BTN cabang Cibubur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagi Bank dan Nasabah Bank BTN Cabang Cibubur, secara keseluruhan Fitur Layanan yang telah disediakan pada BTN Mobile Banking telah memenuhi kebutuhan nasabah. Aspek Kelengkapan Fitur secara umum telah melengkapi kebutuhan nasabah untuk melakukan segala transaksi, baik transaksi keuangan maupun non-keuangan. Aspek Kebutuhan Fitur dimana Bank BTN sudah berusaha untuk menyediakan fitur layanan yang menjadi kebutuhan utama dan sesuai dengan harapan nasabah. Aspek Ketertarikan fitur dimana Bank telah memberikan dan menyediakan ragam fitur layanan pada BTN Mobile Banking untuk menarik minat nasabah dalam menggunakan dan mengunggulkan produk mereka dengan aplikasi mobile banking kompetitor. Aspek Kemudahan akses informasi mengenai produk dan jasa dimana hadirnya BTN mobile banking memberikan kemudahan bagi aktivitas Bank dan segala transaksi yang dilakukan oleh nasabah dalam menggunakannya. Aspek Inovasi Produk dimana Bank BTN selalu memperbarui, memperbaiki dan menambahkan fitur layanan yang belum tersedia sehingga dapat memenuhi harapan dan kepuasan nasabah dalam menggunakannya. Secara keseluruhan nasabah Bank BTN Cabang Cibubur memiliki pandangan positif terhadap hadirnya fitur layanan BTN Mobile Banking, namun masih terdapat beberapa kendala terkait dengan sistem aplikasi dan masalah teknis jaringan yang sering terjadi. Nasabah juga ingin adanya layanan customer service yang lebih responsif. Meskipun fitur layanan aplikasi BTN Mobile Banking telah memberikan kemudahan, namun masih ada ruang untuk pengembangan fitur- fitur yang lebih relevan dengan kebutuhan nasabah dan dukungan teknis terkait aplikasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan layanan mobile banking di Indonesia, khususnya di Bank BTN.
Tidak tersedia versi lain