Skripsi
Analisis Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Awareness Pada Kafe Forque Di Kota Depok
Kegemaran masyarakat dalam meminum kopi menjadi salah satu pemicu pertumbuhan industri kafe di Indonesia. Namun, terdapat data yang memproyeksikan adanya potensi penurunan permintaan. Hal ini mengindikasi terjadinya kesenjangan antara penawaran dan permintaan, sehingga persaingan kafe menjadi lebih ketat. Dengan demikian, memerlukan komunikasi pemasaran untuk dapat terus bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran dalam membangun brand awareness pada Kafe Forque dan mengetahui bagaimana pandangan konsumen mengenai komunikasi pemasaran yang telah dibangun pengelola Kafe Forque di Kota Depok sehingga terbentuk brand awareness secara tidak langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kafe Forque telah mengimplementasikan berbagai strategi komunikasi pemasaran. Strategi tersebut mencakup pemanfaatan media cetak dan digital, penerapan sistem diskon, bundling, flash sale, dan banting harga, penyelenggaraan event, penggunaan Instagram sebagai media dalam menjalankan publisitas, pengoptimalan barista dan kasir, serta memanfaatkan influencer dan media sosial dalam hal pemasaran digital. Kemudian, pandangan konsumen terhadap komunikasi pemasaran Kafe Forque sangatlah beragam. Sebagian besar informan memberikan pandangan positif terhadap upaya kafe dalam memberikan informasi mengenai promosi penjualan serta keramahan pelayanan yang diberikan oleh barista dan kasir. Namun, terdapat kekurangan dalam hal jangkauan iklan dan pemanfaatan saluran komunikasi digital. Hal ini mengindikasikan bahwa masih terdapat potensi yang belum tergarap secara optimal. Hal tersebut dapat dioptimalkan dengan cara mengubah ukuran poster, desain dan memperluas jangkauan iklan. Kemudian, mengadakan program loyalitas, menggunakan platform streaming legal yang terjangkau untuk mendukung kegiatan hubungan masyarakat, membuat jadwal konten agar lebih konsisten, memanfaatkan saluran pemasaran seperti email marketing dan channel Instagram.
Tidak tersedia versi lain