Skripsi
Analisis Pemasaran Produk Fashion pada Pedagang Pasar Tanah Abang Blok A Melalui E-Commerce
Permasalahan utama dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemasaran produk fashion di Pasar Tanah Abang Blok A melalui E-Commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pemasaran produk fashion di Pasar Tanah Abang Blok A melalui platform E-Commerce. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan e-commerce bagi pedagang Pasar Tanah Abang Blok A telah memberikan banyak manfaat. Aspek kualitas produk secara umum sudah cukup baik dalam hal kemudahan penggunaan, keandalan pembayaran, dan pelacakan pengiriman. Aspek keakuratan informasi pedagang sudah berupaya untuk selalu memperbarui informasi tambahan dan minimalisasi ketidakcocokan antara ekspektasi konsumen dan produk yang diterima. Aspek mutu layanan e-commerce dinilai baik, terutama dengan adanya fitur komunikasi yang memudahkan interaksi antara penjual dan pembeli. Aspek pemanfaatan e-commerce memberikan dampak signifikan bagi penjual, terutama dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi operasional. Aspek kepuasan pengguna bagi penjual, fitur-fitur seperti manajemen stok, laporan penjualan, dan promosi sangat membantu dalam mengelola bisnis mereka dengan lebih efisien. Sementara itu, bagi pembeli, kemudahan proses pembayaran dan layanan pengiriman yang cepat merupakan aspek yang paling berkontribusi terhadap tingkat kepuasan mereka. Aspek Manfaat memberikan berbagai manfaat signifikan bagi penjual dan pembeli. Bagi penjual, platform e-commerce tidak hanya memperluas jangkauan pasar hingga ke luar negeri tetapi juga berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan efisiensi operasional. Pedagang perlu meningkatkan kualitas foto dan deskripsi produk agar lebih menarik serta mengikuti pelatihan pemasaran digital untuk menguasai SEO dan iklan digital. Layanan pelanggan harus lebih responsif dan efisien dalam penanganan pengembalian barang. Diversifikasi platform penjualan dan manajemen stok yang baik penting untuk memperluas pasar dan menjaga ketersediaan barang. Proses pengiriman perlu ditingkatkan, sementara program loyalitas dan promosi dapat menarik lebih banyak konsumen. Testimoni, ulasan pelanggan, serta kolaborasi dengan influencer dapat membantu membangun reputasi dan visibilitas produk.
Tidak tersedia versi lain