Skripsi
Hubungan Perilaku Konsumen dan Kualitas Pelayanan dengan Keputusan Pembelian pada PT Pos Indonesia Cabang Utama Jakarta Premier
Masyarakat Indonesia saat ini telah dimanjakan dengan melakukan segala aktifitas tidak terlepas dengan penggunaan teknologi seperti (handphone, tablet, laptop, dan perangkat elektronik lain nya). Hal tersebut disambut oleh pelaku bisnis untuk memanfaatkan dalam menciptakan bisnis baru di tengah kompetitor yang sudah ada selama ini, dengan menciptakan inovasi layanan digital. Oleh karena itu PT Pos Indonesia meluncurkan layanan digital terbaru yaitu aplikasi PosAja! sebagai bentuk pelayanan secara praktis, sehingga dapat digunakan oleh konsumen kapanpun dan dimanapun, namun hal tersebut belum menjadi solusi bagi perusahaan untuk dapat bersaing secara global. Penelitian dilakukan untuk melakukan analisa hubungan perilaku konsumen dan kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian, menggunakan metodologi kuantitatif. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling sedangkan untuk mengetahui jumlah populasi yang digunakan menggunakan Rumus Slovin dengan rumusan jumlah responden sebanyak 100 orang, merupakan konsumen pengguna aplikasi PosAja! Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang menggunakan google form. Hasil penelitian ini yang diperoleh informasi bahwa variabel perilaku konsumen berhubungan langsung dengan keputusan pembelian secara signifikan dengan presentase sebesar 57,4%, dan variabel kualitas pelayanan berhubungan dengan keputusan pembelian secara signifikan sebesar 54,2, serta variabel perilaku konsumen, kualitas pelayanan secara stimultan atau bersama-sama berpengaruh secara signifikan sebesar 62,4%, sedangkan sisanya sebesar 37,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini, sehingga dapat disimpulkan bahwa PT. Pos Indonesia perlu memahami faktor perilaku konsumen dan kualitas pelayanan untuk mempertahankan konsumen nya dalam memutuskan pembelian produk layanan dari Aplikasi PosAja!.
Tidak tersedia versi lain