Skripsi
Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan di Pusdiklat Keuangan Umum Kementerian Keuangan (ditinjau dari level reaksi dan pembelajaran)
Evaluasi mampu memberikan informasi berharga sehingga dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan apakah diklat perlu dilanjutkan atau apakah ada yang perlu disempurnakan. Pusdiklat Keuangan Umum telah melakukan evaluasi terhadap peserta serta evaluasi penyelenggaraan. Sayangnya, hasil evaluasi terhadap peningkatan pembelajaran peserta kurang diolah sehingga belum mampu memberikan informasi yang bermanfaat bagi organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah telah terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta setelah mengikuti diklat di Pusdiklat Keuangan Umum yaitu dengan mengetahui hasil evaluasi level reaksi dan evaluasi level pembelajaran yang merupakan level satu dan level dua dari Model Empat Level Evaluasi Dr. Kirkpatrick. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode analissi isi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terhadap key informant dan studi dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa hasil evaluasi level reaksi adalah positif. Evaluasi level pembelajaran, yang diukur berdasarkan persentase kenaikan nilai post-test terhadap pre-test serta tingkat kelulusan pada ujian. Hasil yang baik tersebut perlu untuk dipertahankan. Akan tetapi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta, penelitian ini memberikan saran sebagai berikut: 1. optimalisasi penyusunan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan unit pengguna; 2. lebih selektif dalam mencari lokasi diklat apabila diklat diselenggarakan di luar lokasi Pusdiklat (menyewa kantor/asrama unit lain); 3. permintaan dan penggandaan bahan ajar dapat dilakukan lebih awal; 4. menyusun pedoman pelaksanaan pre-test dan post-test sehingga pelaksaannya terstandarisasi, termasuk dengan penyusunan pedoman validasi soal.
Tidak tersedia versi lain