Skripsi
Implementasi Public Relation Sebagai Promosi Pada Pusat Jasa Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia
Public Relation secara garis besar ialah strategi perusahaan untuk membangun relasi baik dengan publik supaya dapat mendapatkan opini yang positif dari kalangan masyarakat di sekitarnya. Public relation memainkan peran kunci dalam membentuk dan mengelola persepsi harga di pasar. Dengan strategi komunikasi yang tepat, public relation dapat membantu perusahaan meningkatkan kesadaran harga yang positif dan mengelola ekspektasi konsumen terhadap nilai produk atau jasa yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi promotion mix melalui public relation yang dilakukan oleh Pusat Jasa Kearsipan di Arsip Nasional Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pusat Jasa, kearsipan telah menerapkan strategi promotion mix yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Melalui public relation, Pusat Jasa Kearsipan melakukan berbagai kegiatan seperti publisitas, special events, media relations, dan community involvement untuk menjangkau dan membangun hubungan baik dengan masyarakat. Implementasi promotion mix tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan pemanfaatan layanan kearsipan oleh masyarakat. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengelola Pusat Jasa Kearsipan dalam mengoptimalkan strategi promosi dan public relation untuk mendukung tujuan organisasi. Kata Kunci: promotion mix; public relation; pusat jasa ANRI.
Tidak tersedia versi lain