Skripsi
Pelayanan Penyediaan Fasilitas Kapal Pelni Kelas Ekonomi Di PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)
Penelitian ini di laksanakan pada PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) yang bertujuan untuk mengetahui pelayanan penyediaan fasilitas kelas ekonomi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor penyebab belum optimalnya pelayanan penyediaan fasilitas dan untuk merumuskan upaya menyelesaikan masalah dalam pelayanan penyediaan fasilitas kelas ekonomi di PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pesero). Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari Kepala Divisi Bagian Pelayanan, Kepala Divisi Bagaian Komersial, Kepala Divisi Tiketing, dan Penumpang kapal kelas ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) telah berupaya memenuhi standar pelayanan namun terdapat beberapa yang perlu ditingkatkan terutama kebersihan lingkungan dan kamar mandi yang berada di kapal, kenyamanan, dan keamanan. Peningkatan ruang pengambilan makanan agar tidak terjadi antrean yang panjang yang membuat penumpang tidak nyaman. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategi bagi PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui peningkatan fasilitas, pelatihan staf, optimalisasi penggunaan teknologi dalam pelayanan kelas ekonomi dan pengawasan yang lebih ketat.
Tidak tersedia versi lain