Skripsi
Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan terhadap Minat Investasi Emas Digital PT Pegadaian pada Generasi Z di Wilayah DKI Jakarta
Investasi merupakan sebuah bentuk pengorbanan akan asset yang dimiliki saat ini dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan di masa mendatang agar dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya. Saat ini, Masyarakat Indonesia sudah mulai tertarik untuk berinvestasi. Kenaikan jumlah investor tersebut juga disebabkan karena adanya peningkatan volume investasi dari kalangan anak-anak muda (generasi z). Hal ini tentunya menjadi peluang bagi PT Pegadaian untuk mempromosikan produk emas digital pada generasi z guna meningkatkan minat investasi emas digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan perilaku keuangan terhadap minat investasi emas digital PT Pegadaian pada Generasi Z di Wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini menggunakan probability sampling dan menggunakan 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan perilaku keuangan berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap minat investasi emas digital PT Pegadaian pada generasi z di wilayah DKI Jakarta. Literasi keuangan mempunyai pengaruh 0.809 terhadap minat investasi emas, dan perilaku keuangan mempunyai pengaruh 0.871 terhadap minat investasi emas digital. Secara simultan literasi keuangan dan perilaku keuangan berpengaruh sebesar 0.890 terhadap minat investasi emas digital.
Tidak tersedia versi lain