PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tesis

Evaluasi Kinerja Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Angkutan Umum Dan Angkutan Barang Pada Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta

Budi Sugiantoro - Nama Orang; Muhammad Taufiq - Nama Orang;

Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dalam hal ini Unit Pelaksanaan Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor sebagai institusi yang khusus bertugas memberikan pelayanan langsung kepada masayarakat yang hakiki, sebagai bukti abdi Negara dan abdi masayarakat. Dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, khususnya kepada wajib uji yang melakukan pengujian Kendaraan Bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan pengujian kendaraan bermotor angkutan umum dan angkutan barang pada Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dilihat dari aspek efektivitas, produktivitas, efisiensi, keadilan dan kepuasan masyarakat. Metode yang diterapkan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan 5 aspek yang diteliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara.Hasil penelitian : 1. Aspek efektivitas menunjukkan bahwa masyarakat merasa kurang puas atas kineja pelayanan Uji Kendaraan Bermotor, sehingga hasil yang dicapai kurang efektif. kedisiplinan personil merupakan faktor yang sangat kurang dalam pelayanan pengujian Kendaraan Bermotor, dengan adanya personil yang kurang displin dari aspek kuantitas maupun kualitas maka akan menurunkan tingkat kinerja pelayanan pengujian sehingga harapannya belum mampu memenuhi realisasi rencana kinerja pelayanan pengujian kendaraan bermotor pada Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 2. Aspek produktivitas yaitu kemampuan untuk membantu pelanggan dalam menyediakan pelayanan yang tepat masih kurang. Karena personil belum memadai dengan jumlah kendaraan yang diperiksa semakin banyak setiap tahun. Sehingga perlu menuntut peningkatan produktivitas x pemeriksaan kendaraan bermotor, hal tersebut harus didukung dengan peningkatan jumlah tenaga pemeriksa yang belum memadai saat ini.. 3. Aspek Efisiensi yaitu masih jauh dari harapan karena kurang efisien petugas dalam mengintensifkan waktu yang ada, sehingga wajib uji terlalu lama menunggu pengujian yang berlangsung sehingga pelayanan kurang efisien. 4. Aspek keadilan layanan masih kurang adil dalam pelayanan, sehingga petugas masih ada sebagian perlakuan yang membeda-bedakan kepada wajib uji Kendaraan Bermotor. 5. Aspek kepuasan layanan Unit Pelayanan Teknis yang bertugas dalam pelayanan pengujian Kendaraan Bermotor angkutan umum dan angkutan barang dirasakan belum puas, karena pelayanan yang selama ini dijalankan masih jauh dari harapan masyarakat. Saran-saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut : 1. Aspek efektivitas yaitu kesiapan personil dan disiplin merupakan faktor yang sangat penting dalam pelayanan, sehingga diharapkan mampu memenuhi realisasi rencana kinerja pelayanan pengujian kendaraan bermotor pada Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 2. Aspek produktivitas yaitu kemampuan untuk menyediakan pelayanan yang tepat sehingga perlu menuntut peningkatan produktivitas pemeriksaan kendaraan bermotor, hal tersebut harus didukung dengan peningkatan jumlah tenaga pemeriksa yang belum memadai saat ini. 3. Aspek efisiensi diharapkan adanya pelayanan yang cepat sehingga memudahkan pelayanan pengujian Kendaraan Bermotor untuk keselamatan transportasi publik dapat berjalan lebih efisien dan lebih efektif. 4. Aspek keadilan layanan harus ada peningkatan disiplin dan ketegasan dalam pelaksanaan pemeriksaan kendaraan, agar tugas pekerjaan tanpa berurusan Iangsung dengan para biro jasa-biro jasa atau pihak pihak tertentu yang cenderung membuat biaya operasional tinggi. 5. Aspek kepuasan pelayanan yang selama ini dijalankan masih jauh dari harapan masyarakat, pihak Dinas Perhubungan harus meningkatkan lagi kinerjanya agar pelayanan lebih efektif, efisien dan tepat.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Tesis 2013) 064 TMPD 2013
064522013
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
064 TMPD 2013
Penerbit
Jakarta : STIA LAN Jakarta., 2013
Deskripsi Fisik
134 hlm. : 28 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
10.DY.018
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Tesis 2013
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Budi Sugiantoro
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?