Tesis
Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi
Sumber Daya Manusia mempunyai peran yang penting dan menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan kegiatan untuk mencapai visi dan misi organisasi. Permasalahan SDM pada Instansi Pemerintah bukan hanya pada Profesionalisme SDM. Selain itu, perubahan organisasi perlu dilakukan untuk menghadapi pembangunan nasional dan persaingan global. Dalam perubahan organisasi kualitas sumber daya pegawai sangat penting untuk di kembangkan didalam suatu organisasi dan penempatan pegawai berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja perlu dilakukan dengan baik agar profesionalisme pegawai tetap terjaga. Tujuan penelitian ini untuk mencari strategi peningkatan kinerja pegawai dengan menganalisis kinerja pegawai dengan pendekatan analisis SWOT dengan pendekatan teori Rangkuti untuk mendapatkan strategi dalam meningkatkan kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 15 orang dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sejalan dengan teori yang dikembangkan oleh Sutrisno yang menyatakan bahwa kualitas hasil pekerjaan dari organisasi ini masih belum optimal ditandai dengan masih lambatnya penyelesaian pekerjaan dan hasil pekerjaan sehingga berpengaruh pada kecepatan dalam pengambilan keputusan oleh pimpinan, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor yang diantaranya masih rendahnya rata-rata pendidikan dan keterampilan, pemerataan penempatan pegawai yang tidak sesuai dengan kompetensi dan faktor dari ekternal organisasi dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas hasil pekerjaan dari organisasi ini masih belum optimal ditandai dengan masih lambatnya penyelesaian pekerjaan dan hasil pekerjaan sehingga berpengaruh pada kecepatan dalam pengambilan keputusan oleh pimpinan, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor yang diantaranya masih rendahnya rata-rata pendidikan dan keterampilan, pemerataan penempatan pegawai yang tidak sesuai dengan kompetensi dan faktor dari ekternal organisasi. Dari hasil penelitian ini strategi yang dihasilkan dan harus dilakukan oleh organisasi dengan memberikan motivasi kepada pegawai tentang bagaimana cara meningkatakan kinerja agar organisasi dapat berjalan dengan baik sehingga akan berpengaruh pada jenjang karier pegawai dengan cara memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi pegawai untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilanya melalui sarana pendidikan.
Tidak tersedia versi lain