Tesis
Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai Direktorat Sumber Daya dan Umum Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi dan mencari strategi untuk peningkatan kinerja yang belum optimal pada Direktorat SDM dan Umum LPP RRI. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan key-informan, telaah dokumen, buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kurangnya apresiasi terbuka terhadap pegawai dapat menurunkan motivasi dan kepuasan kerja. Tingkat koordinasi internal juga berdampak pada efisiensi dan kolaborasi antar pegawai. Sistem pengakuan dan penghargaan yang kurang terstruktur dapat mengurangi semangat kerja, sementara evaluasi berkala belum optimal dalam memelihara dan meningkatkan motivasi pegawai. Rancangan kerja yang melibatkan sikap inklusif, promosi toleransi, dan keterampilan administratif perlu ditingkatkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif dan efisien. Faktor-faktor seperti hubungan antar pribadi, komunikasi, kompensasi, supervisi, fasilitas kerja, loyalitas pegawai, dan disiplin kerja juga turut mempengaruhi kinerja dan perlu mendapat perhatian dalam rangka upaya peningkatan kinerja secara keseluruhan. Strategi peningkatan kinerja pegawai di Direktorat SDM dan Umum LPP RRI difokuskan pada tiga aspek utama, yaitu potensi Motivasi, Sifat, dan Konsep Diri. Dengan mengatasi permasalahan-permasalahan ini, Direktorat SDM dan Umum LPP RRI diharapkan dapat mencapai kinerja yang lebih baik dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.
Tidak tersedia versi lain